Monday, 17 June 2024
HomeKota BogorGelar Dialog Kebangsaan, BEM UIKA Bogor Bahas Pendidikan di Era Transformasi

Gelar Dialog Kebangsaan, BEM UIKA Bogor Bahas Pendidikan di Era Transformasi

Bogordaily.net – Badan Eksekutif Mahasiswa () (UIKA) Bogor menggelar di Aula Prof Abdullah Siddiq, , Selasa, 14 Maret 2023. Kegiatan ini diikuti puluhan mahasiswa bertemakan “Tantangan Pendidikan Di Era Transformasi Guna Mewujudkan Generasi Yang Berkarakter Menuju Indonesia Emas 2045,”.

Dalam kegiatan ini turut menghadirkan narasumber yakni Plt Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek RI, Drs Zulkifli Anas, M.Ed, dan juga Dr Gunawan Ikhtiono, S.Sos, M.Si.

Dalam penyampaianya Plt Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek RI, Drs Zulkifli Anas, M.Ed mengatakan bahwa, pendidikan merupakan faktor kunci kesuksesan pembangunan bangsa.

Serta kemajuan revolusi industri 4.0 mendorong sektor pendidikan untuk mau beradaptasi dan bertransformasi mengintegrasikan proses pembelajaran secara digital.

“Teknologi informasi memberikan banyak peluang positif dalam proses pembelajaran. Kegiatan belajar mengajar tidak lagi hanya terbatas pada konteks ruang kelas, akan tetapi di era digital kegiatan pembelajaran juga dapat dilakukan secara virtual,” kata Zulkifli Anas, Selasa 14 Maret 2023.

Kata dia, upaya transformasi pendidikan di era digital harus mampu memahami karakteristik generasi milenial dan generasi Z untuk menentukan strategi pendidikan yang efektif.

Baca juga : Keren, Rektor UIKA Bogor Dinobatkan Sebagai Tokoh Penggerak Literasi Tingkat Nasional

“Di era digital semua informasi tersaji dalam satu ruang tanpa batas, maka penting bagi sekolah untuk mampu menyaring informasi agar pembelajaran terhadap murid dapat terarah,” jelasnya.

Ia mengatakan, Indonesia menurutnya sudah punya pondasi digital learning seperti yang dilakukan universitas terbuka online, juga ada televisi pendidikan meskipun sudah bergeser. Pembelajaran daring secara konsep adalah merubah cara dan konsep belajar mengajar.

“Saat ini banyak aplikasi digital learning yang bisa dimanfaatkan untuk mendukung pembelajaran daring. Misalnya situs rumah belajar yang menyediakan sumber belajar,” ujar Zulkifli Anas.

Ia menambahkan, keterampilan atau kecakapan yang diperlukan dalam pendidikan hari ini adalah keep educating yourself dengan memanfaatkan teknologi informasi.

“Mengasah keterampilan berpikir kritis ketika memilih dan memilah informasi. Mampu menuntaskan aktivitas dan interaksi di dunia digital untuk memudahkan dan memperlancar proses pembelajaran,” ungkapnya. (Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here