Thursday, 25 April 2024
HomeKota BogorHadiri Pelantikan UPZ Baznas, Kang Rifki: dengan Berzakat Kita Membantu Masyarakat Kota...

Hadiri Pelantikan UPZ Baznas, Kang Rifki: dengan Berzakat Kita Membantu Masyarakat Kota Bogor

Bogordaily.net – Anggota DPRD Kota Bogor menghadiri acara dalam peresmian “” serta pelantikan para pengurus Unit Pengumpulan Zakat (UPZ) se Kota Bogor di GOR Indoor Pajajaran, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor pada Senin 20 Maret 2023.

Kesempatan ini, mengucap selamat atas para pengurus UPZ Baznas yang telah dilantik.

“Saya ucapkan selamat untuk mengemban tugas atas pelantikan UPZ Baznas yang baru. Semoga membawa manfaat untuk masyarakat Kota Bogor,” kata Kang Rifki sapaan karibnya. 

Baca Juga: Tragis, Adik Kakak Tewas Tertimbun Longsor di Curug Cilember Puncak Megamendung Bogor

Kang Rifki juga mengimbau kepada seluruh elemen, baik pengusaha atau ASN, warga sipil serta rekan dewan untuk berzakat di BAZNAS.   

“Dengan berzakat kita bisa membantu masyarakat Kota Bogor dalam hal yang lebih baik,” ucapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua 1 Subhan Murtadla menjelaskan bahwa, untuk menggerakan , pihaknya membentuk duta gemar infaq untuk tingkat sekolah dasar dan pertama.

“Ini yang dilantik ada seribu orang. Untuk tingkat mahasiswa dan milenial kita bentuk duta zakat,” kata Wakil Ketua 1 Subhan Murtadla.

Ia mengatakan, setelah mereka semua dilantik, nantinya bertugas untuk menyampaikan informasi di tingkatnya masing-masing. 

Untuk UPZ tingkat sekolah, kata Subhan, para ketua yang kebanyakan guru agama tersebut bertugas untuk menghimpun dana zakat. Bisa juga menghimpun dana zakat profesi, dan bisa menggerakan infaq anak-anak.

“Hal itu juga tentunya sebagai edukasi kepada anak-anak, untuk berinfaq sejak dini, khususnya di lingkungan sekolah,” jelas Subhan 

Subhan menambahkan, tentunya diharapkan bisa meningkatkan penghimpunan, yang mana nantinya dari zakat tersebut banyak manfaat bisa dirasakan oleh masyarakat penerima.

Seperti, pemberian beasiswa pelajar sebanyak 250 siswa. Kemudian beasiswa untuk sarjana sebanyak 100 orang dan juga program lainnya seperti bedah rumah.

Sehingga, semua akan terealisasikan secara maksimal ketika penghimpunnya juga dilaksanakan dengan semaksimal dan seoptimal mungkin. 

“Karena gini, Baznas itu tidak bisa berdiri sendiri, karenakan potensi zakat itu luar biasa, makannya kita bentuk unit-unit pengumpul zakat,” kata Subhan.

Bahkan, kata Subhan, untuk mengoptimalkan potensi zakat yang besar, UPZ sudah hadir sampai tingkat RW, dan Kelurahan.

Hal itu untuk memajukan dan mewujudkan program ke depannya, yaitu yang berkaitan dengan peningkatan perekonomian warga. Berupa modal yang diberikan kepada para penerima.

“Harapan kita nantinya target tahun ini ada 100 pengusaha baru di Kota Bogor,” tutup Subhan. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here