Wednesday, 24 July 2024
HomeTravellingIndia Punya Stasiun dengan Peron Terpanjang di Dunia

India Punya Stasiun dengan Peron Terpanjang di Dunia

Bogordaily.net – India memiliki peron kereta api terpanjang di dunia. Walaupun layanan transportasi umum di India cenderung serba padat dan sesak, namun perkeretaapian di negara berpenduduk 1,4 miliar ini selalu memiliki sesuatu yang menarik untuk diulas.

Dilansir Times of India, negara bagian Karnataka baru saja memecahkan rekor sebagai pemilik kereta api dengan peron terpanjang di dunia. Shri Siddharoodha Swamiji dinobatkan oleh Guinness Book of World Records, sebagai dengan peron terpanjang di dunia. Jika ditotal, panjang tersebut kini mencapai 1.507 meter. Wow!

yang dioperasikan oleh South Western Railway (SWR) Indian Railways baru saja merampungkan pembangunan salah satu zona stasiunnya. Zona Hubballi yang baru saja selesai direnovasi membuat tersebut kini dapat menambah lebih banyak kereta.

Menghabiskan dana 20 crore rupee atau sekitar Rp 41,2 miliar, zona Hubbali diharapkan dapat memfasilitasi pengoperasian kereta tambahan di masa yang akan datang.

Menariknya, pengembangan tersebut mendapat apresiasi oleh Perdana Menteri India, Narendra Modi. Modi menyambut perluasan itu sebagai kemajuan infrastruktur dan mengesampingkan rekor tersebut.

Kereta Api Shree Siddharoodha Swamiji Hubballi, adalah persimpangan terkemuka di Karnataka, dan berfungsi sebagai pusat perdagangan utama di wilayah Karnataka Utara. Stasiun kereta api ini terletak di persimpangan yang menghubungkan jalur kereta api menuju Bengaluru (sisi Davanagere), Hosapete (sisi Gadag), dan Vasco-Da-Gama/Belagavi (sisi Londa).

Modi mengatakan bahwa India sedang bergerak maju dengan memodernisasi kota-kotanya, dan Hubballi-Dharwad telah dimasukkan dalam proyek kota pintar, yang akan membawa kedua wilayah tersebut ke tingkat yang lebih tinggi.

Pengembangan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup dengan menciptakan ruang publik yang higienis, fungsional, dan aman, serta mengubah kota menjadi pusat perkotaan yang futuristik.

Sebelumya India pernah mencatat rekor yang sama dengan Stasiun Kharagpur di kota Bengal Barat. Peron di stasiun tersebut meencapai panjang 1072 meter atau lebih pendek 294 meter dari Gorakhpur. Sementara itu posisi ketiga dipegang oleh stasiun bawah tanah State Street Centre di Chicago dengan panjang 1067 meter dan posisi ke-5 Stasiun Cheriton Shuttle Terminal di Inggris sepanjang 791 meter.

Stasiun Gorakhpur merupakan akses transportasi bagi banyak turis lokal maupun asing yang hendak mengunjungi beberapa situs Budha. Nama Gorakhpur sendiri diambil dari seorang pertapa yang memperkenalkan teknik yoga, Guru Gorakshnath.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here