Friday, 19 April 2024
HomeNasionalIni Doa Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadan, Lengkap dengan Artinya

Ini Doa Ziarah Kubur Jelang Bulan Ramadan, Lengkap dengan Artinya

Bogordaily.net – Doa kubur dengan artinya dibaca saat berziarah ke makam orang yang telah tiada. Berikut ini doa kubur beserta artinya.

Dalam berziarah kubur ada beberapa aktivitas yang bisa dilakukan seperti membersihkan makan, kemudian menyirami tanah makam dengan air, dan membacakan doa bagi orang yang telah tiada.

kubur salah satu anjuran dalam agama Islam karena memiliki banyak keutamaan. Salah satunya mengingatkan peziarah tentang kematian sehingga ketakwaan kepada Allah SWT lebih ditingkatkan.

Dilansir dari NU Online, Imam Nawawi dalam kitabnya al-Adzkar menganjurkan para peziarah untuk mengawali dengan mengucapkan salam kepada ahli kubur sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah Saw, kemudian memperbanyak bacaan Al-Qur'an, dzikir, serta mendoakan ahli kubur di daerah yang diziarahi dan semua umat Islam.

Dirangkum dari berbagai sumber berikut doa kubur yang bisa dibaca:

Mengucap salam  

Assalamu'alaìkum dara qaumìn mu'mìnîn wa atakum ma tu'adun ghadan mu'ajjalun, wa ìnna ìnsya-Allahu bìkum lahìqun

Artinya : “Assalamuallaikum, hai tempat bersemayam kaum mukmin. Telah datang kepada kalian janji Allah yang sempat ditangguhkan besok, dan kami insyaallah akan menyusul kalian.”

Istighfar

Astaghfirullah Hal Adzim Alladzi La ilaha Illa Huwal Hayyul Qoyyumu Wa atubu Ilaihi

Artinya : “Aku mohon ampun kepada Allah yang Maha Agung, yang tiada Tuhan selain Dia Yang Maha Hidup lagi Maha Berdiri Sendiri, dan aku bertaubat kepada-Nya.”

Membaca surat Al Fatihah

Membaca surat Yasin

Membaca doa kubur untuk orang yang sudah meninggal dunia

Allahummaghfìrlahu war hamhu wa ‘aafìhìì wa'fu anhu, wa akrìm nuzuulahu wawassì' madholahu, waghsìlhu bìl maa'ì watssaljì walbaradì, wa naqqìhì, mìnaddzzunubì wal khathaya kamaa yunaqqatssaubul abyadhu mìnad danasì.

Wabdìlhu daaran khaìran mìn daarìhì wa zaujan khaìran mìn zaujìhì. Wa adkhìlhul jannata wa aìdzhu mìn adzabìl qabrì wa mìn adzabìnnaarì wafsah lahu fì qabrìhì wa nawwìr lahu fìhì.

Artinya : “Ya Allah, berilah ampunan dan rahmat kepadanya. Berikanlah keselamatan dan berikanlah maaf kepadanya. Berikanlah kehormatan untuknya, luaskanlah tempat masuknya. Mandikanlah dia dengan air, es, dan embun. Bersihkanlah dia dari kesalahan sebagaimana Engkau bersihkan baju yang putih dari kotoran.”

“Gantikanlah untuknya rumah yang lebih baik dari rumahnya, isteri yang lebih baik dari isterinya. Masukkanlah dia ke dalam surga, berikanlah perlindungan kepadanya dari azab kubur dan azab neraka. Lapangkanlah baginya dalam kuburnya dan terangilah dia di dalamnya.” (HR Muslim)

Membaca doa untuk diri sendiri

Allahummaghfirlii wa li waliidayya warhamhuma kama rabbayani saghira.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku dan dosa-dosa kedua orang tuaku, dan berikanlah rahmat pada keduanya, sebagaimana mereka merawatku ketika masih kecil.

Membaca doa untuk umat Islam yang telah meninggal dunia:

Allahumma firlil muslimina wal muslimat, wal mu'minina wal mu'minat, al-ahyaa'i minhum wal-amwat.

Artinya: Ya Allah, ampunilah dosa-dosa muslim dan muslimah, mukmin dan mukminah yang telah meninggal dunia.

Nah itu dia doa kubur dengan artinya yang bisa dipanjatkan saat kubur.***  

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here