Friday, 29 March 2024
HomeKulinerInilah 5 Jenis Kurma yang Pas Disajikan untuk Berbuka Puasa

Inilah 5 Jenis Kurma yang Pas Disajikan untuk Berbuka Puasa

Bogordaily.net – Sebentar lagi, umat muslim akan melakukan Ibadah puasa di bulan Ramadan. selalu menjadi kudapan disetiap bulan Ramadan. Inilah lima jenis yang pas dijadikan menu berbuka puasa.

Ramadan identik dengan adanya buah sebagai takjil buka puasa seperti ajaran para rasul. Selain dianjurkan oleh hadis, buah juga mengandung banyak zat yang bermanfaat bagi tubuh. Jenis pun beraneka ragam.

Di Timur Tengah, dianggap sebagai pohon kehidupan dan dipilih sebagai simbol nasional, baik bagi Arab Saudi maupun Israel. merupakan jenis buah yang bisa tumbuh kapan saja sepanjang tahun.

Buah ini yang juga sering disebut sebagai buah nabi. Beragam kandungan ada di dalamnya, seperti kalsium, zat besi, vitamin K, folat, serta sifat antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin.

Rasa yang manis lebih mudah diserap oleh tubuh saat lapar, jadi jangan lupa untuk berbuka puasa dengan dan mengkonsumsinya dalam jumlah ganjil sesuai sunah.

Inilah 5 jenis yang pas menemani kalian berbuka puasa.

1. Kurma Ajwa

Kurma ajwa atau sering disebut kurma nabi yang berasal dari bagian barat Arab Saudi ini menjadi jenis kurma terpopuler di Indonesia.

Memiliki tampilan warna yang kehitaman, cita rasa yang tidak terlalu manis, dan tekstur yang cukup lembut adalah daya tarik khas kurma ajwa. Kurma ajwa yang sudah matang warnanya akan kehitaman, sedangkan yang belum matang akan berwarna merah.

Kurma ini biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal, konon karena kurma ajwa memiliki beragam manfaat untuk kesehatan dan menjadi favorit Nabi Muhammad SAW.

2. Kurma Medjool

Kurma medjool memiliki ukuran yang lebih besar dan warna yang lebih gelap daripada kurma lainnya. Rasanya manis seperti karamel, teksturnya kenyal dan cenderung lebih tebal dari kurma lainnya.

Dahulu kurma medjool hanya dapat dikonsumsi oleh kaum bangsawan, sekarang kurma medjool sudah banyak dibudidayakan di negara-negara beriklim hangat dan didistribusikan ke banyak negara.

Kurma medjool diperkirakan berasal dari Teluk Persia dan ditanam di bagian Barat Amerika, daerah Timur Tengah, dan Afrika Utara.

3. Kurma Sukari

Sukari menempati posisi jenis kurma yang paling populer di Indonesia nomor dua setelah ajwa. Kurma sukari memiliki julukan ‘kurma kerajaan Arab Saudi' karena kualitasnya yang premium.

Sesuai arti sukari atau dalam bahasa Arab sukkar yakni berarti gula, kurma sukari memiliki rasa yang ekstra manis serta tekstur daging yang lembut. Kurma sukari sedang naik daun selama beberapa tahun ini, menggeser kurma-kurma lain yang rasanya tidak terlalu manis dan teksturnya tidak lembut.

4. Kurma Barhi

Kurma Barhi merupakan salah satu kurma yang juga cukup terkenal. Kurma ini biasanya berwarna cokelat kekuningan. Memiliki tekstur yang renyah serta memiliki rasa manis yang seperti karamel. Daging kurma Bahri ini juga terasa lembut.

Kurma Bahri ini juga memiliki banyak manfaat diantaranya untuk mengurangi risiko diabetes, alzheimer, hingga kanker. Kurma jenis ini juga kaya akan serat, zat besi, kalium, vitamin B, flavonoid, dan antioksidan. Selain itu, kurma Bahri juga baik untuk mengontrol gula darah karena memiliki pemanis alami.

5. Kurma Safawi

Kurma safawi yang berasal dari kota Madinah ini memiliki rasa manis yang pas dengan tekstur daging yang lembab dan tebal.

Dibandingkan dengan jenis kurma lainnya, kurma safawi punya warna yang cenderung hitam pekat. Kurma ini dikenal juga sebagai superfood karena khasiatnya yang dapat mengobati penyakit cacingan dan kandungannya mengenyangkan hingga dapat menekan nafsu makan.

Jenis kurma safawi lebih sering ditemukan karena sifat pohonnya yang produktif dibandingkan kurma lainnya. Kurma sawafi dipercaya memiliki kandungan mineral yang lebih tinggi.

Itulah tadi lima jenis kurma yang pas dihindangan dikala berbuka puasa. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here