Friday, 19 April 2024
HomeNasionalIrjen Akhmad Wiyagus Gantikan Irjen Suntana Jadi Kapolda Jabar

Irjen Akhmad Wiyagus Gantikan Irjen Suntana Jadi Kapolda Jabar

Bogordaily.net–  mendapat amanah menjadi Kapolda Jawa Barat (Jabar) menggantikan . Penunjukkan tersebut tertuang dalam Surat Telegram Kapolri dengan Nomor ST/713/III/Kep./2023 tanggal 27 Maret 2023.

sebelumnya merupakan Kapolda Lampung. Ia lalu menjadi menggantikan . Jabatan Akhmad Wiyagus digantikan Irjen Helmy Santika yang sebelumnya merupakan Kapolda Gorontalo.

Di sisi lain, yang sebelumnya menjadi dimutasi. Mantan Kapolres Bogor itu akan menduduki posisi sebagai Pati Baintelkam Polri (persiapan penugasan luar struktur).

Dilansir dari detikNews, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo kembali merotasi jabatan di tubuh Polri. Dalam mutasi yang ditandatangani oleh Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono terdapat 473 personel yang mengalami pergantian. Di antaranya jabatan Kapolda.

Selain Kapolda Jabar , Kapolda Metro Jaya juga mengalami pergantian. Irjen Karyoto kini menjabat sebagai Kapolda Metro Jaya menggantikan Irjen Fadil Imran yang menduduki jabatan sebagai Kabaharkam.

Selain itu, Kapolda Sulteng kini dijabat Irjen Agus Nugroho, Kapolda Lampung Irjen Helmy Santika, Kapolda Gorontalo Irjen Angesta Romano Yoyol, Kapolda Kalimantan Barat Brigjen Pipit Rismanto, dan Kapolda Sulsel Setyo Boedi Moempoeni.

Profil

Sementara itu lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat pada 23 September 1967. Akhmad Wiyagus merupakan lulusan Akpol 1989 dan berpengalaman dalam bidang reserse.

Ia pernah mendapatkan penghargaan Hoegeng Awards 2022 kategori Polisi Berintegritas dalam peringatan Hari Bhayangkara ke-76. Berdasarkan data Wikipedia berikut riwayat jabatan Akhmad Wiyagus:

Direktur Pengaduan Masyarakat KPK

Kapolres Sumedang (2008)

Kanit II Dit III/Tipidkor Bareskrim Polri (2010)

Kasubdit II Dittipidkor Bareskrim Polri (2011)

Wadirtipidkor Bareskrim Polri (2013)

Dirtipidkor Bareskrim Polri (2014)

Wakapolda Maluku (2018)

Wakapolda Jawa Barat (2019)

Kapolda Gorontalo (2020)

Kapolda Lampung (2022)

Kapolda Jawa Barat (2023)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here