Monday, 17 June 2024
HomeOtomotifJangan Asal Colok, Ini 6 Tips Aman Ngecas HP di Motor

Jangan Asal Colok, Ini 6 Tips Aman Ngecas HP di Motor

Bogordaily.net – Berikut ini beberapa tips aman ngecas handphone (HP) di . Tidak hanya di mobil, fitur pengisian baterai ponsel melalui output power juga tersedia di beberapa tipe .

Melalui berbagai inovasi yang dilakukan produsen sepeda , kebutuhan sepeda terus diperhatikan. Salah satunya adalah fungsi charging atau handphone atau charger layaknya handphone.

Beberapa sepeda modern memiliki fitur stopkontak yang memungkinkan pengendara sepeda mengisi daya perangkat saat mengendarai sepeda .

Fitur ini memecahkan masalah pengendara sepeda yang sering kehabisan daya pada ponselnya di luar ruangan dan sering bingung saat mencari lokasi pengisian daya.

Dengan adanya fitur ini, pemilik kendaraan tidak perlu khawatir kehabisan baterai ponsel pada saat melakukan perjalanan jauh.

Namun masih ada pengguna kendaraan bermotor yang khawatir akan penggunaan fitur charger ponsel di sepeda . Nah, berikut ini tips aman ngecas Hp di yang bisa Anda praktekan.

1. Gunakanlah Perangkat Charger Original

Perangkat charger seperti kepala charger dan kabel yang berkualitas memiliki material yang telah lulus standar keamanan. Sedangkan perangkat charger tiruan tak memiliki kualitas material yang memenuhi standar sehingga berpotensi menimbulkan masalah seperti meleleh dan korsleting.

2. Handphone dalam Keadaan Mati

Pengisian baterai dalam kondisi smartphone menyala dapat mengakibatkan panas berlebih pada smartphone. Hal itu berpotensi menimbulkan kerusakan pada smartphone.

3. Cas Saat Motor Menyala

Sumber energi listrik yang didapat ketika motor diam hanya dari aki, hal tersebut membuat konsumsi terhadap aki menjadi lebih tinggi. Berkaitan dengan itu ada baiknya cas handphone di motor dilakukan ketika motor menyala atau sedang dikendarai.

Sumber energi lain ketika motor menyala dapat diperoleh dari aktivitas bahan bakar motor. Hal ini tentu bisa mengurangi daya konsumsi aki yang berlebih ketika cas handphone.

4. Hindari Menggunakan Port Charger Pararel

Penggunaan port charger paralel (lebih dari satu lubang) dapat menimbulkan masalah karena membuat baterai bekerja lebih keras saat kedua port nya digunakan. Ketika itu terjadi, suhu di dalam bagasi akan lebih panas dan berpotensi menumbulkan masalah pada smartphone dan baterai motor.

5. Jangan Terlalu Sering Digunakan

Walau bisa sangat membantu, fitur pengecasan di motor ada baiknya hanya digunakan dalam keadaan mendesak. Sebaiknya juga pengguna memperhitungkan kapan waktu yang tepat untuk cas HP di motor agar tidak terlalu sering dan menghabiskan energi aki.

Terlalu sering menggunakan fitur ini dapat mempercepat aki tekor hingga soak. Hal ini karena konsumsi daya yang terlalu sering dapat melebihi kemampuan fitur dan kapasitas aliran listrik pada motor.

6. Periksa Bagasi Sebelum Meninggalkan Motor

Selain untuk menjaga kenyamanan, hal ini juga merupakan langkah preventif mencegah terjadinya resiko hal-hal buruk terjadi.

Karena hp yang tertinggal di bagasi dapat menjadi panas berlebih karena terpapar suhu udara dari luar seperti sinar matahari, pastikan pula untuk mencabut perangkat charger yang terpasang di power charger sebelum meninggalkan motor.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here