Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaJelang Ramadan, MUI Dukung Gerakan Boikot Kurma Israel

Jelang Ramadan, MUI Dukung Gerakan Boikot Kurma Israel

Bogordaily.net – Majelis Ulama Indonesia () menyatakan dukungan mereka terhadap aksi produk kurma Medjool yang berasal dari Israel. itu digerakan oleh sebuah komunitas pecinta Masjid Al Aqsha yang berbasis di Inggris yakni Friends of Al-Aqsa (FOA) belum lama ini.

Melalui tagar #CheckTheLabel, FOA menyerukan seluruh Muslim dunia terutama yang tinggal di Eropa memeriksa label terlebih dulu sebelum membeli kurma mengingat sebentar lagi akan tiba.

Ketua Komisi Hubungan Luar Negeri Majelis Ulama Indonesia (KHLN ), KH. Bunyan Saptomo mengatakan pihaknya mendukung seruan produk kurma Israel.

“Iya, MUI jelas mendukung seruan korma Israel,” kata Bunyan dikutip dari Republika, Kamis, 9 Maret 2023.

MUI menyatakan dengan tegas dukungan tersebut dikarenakan kurma Israel yang marak beredar berasal dari hasil pendudukan negara itu di tanah Palestina.

“Yang kedua, PBB sendiri telah menyatakan bahwa pendudukan Israel di Palestina tersebut adalah illegal,” tegasnya.

Sebelumnya diketahui muslim dunia diminta untuk tidak mengonsumsi kurma buatan Israel. Hal tersebut mengacu pada kekejaman mereka terhadap masyarakat Palestina hingga kini.

“Dengan memilih untuk tidak membeli kurma Israel pada kali ini, komunitas Muslim telah menuliskan pesan yang sangat jelas dan kuat untuk mengutuk pendudukan ilegal Israel di tanah Palestina,” kata Shamiul Joarder di FoA, lansir The New Arab.

Imbauan tersebut datang dikarenakan pada saat lonjakan pembeli kurma di Eropa selalu naik setiap tahunnya.

Menurut sumber di Pusat Promosi Impor dari negara berkembang mengatakan bahwa setiap tahun Eropa mengalami lonjakan konsumi kurma. Terlebih di bulan tertentu, yakni .

Sementara menurut FOA, Israel menjadi produsen kurma Medjoul terbesar di dunia yang telah mengekspor lebih dari 50 persen produk tersebut ke Eropa.

Sebagian besar kurma ini ditanam di pemukiman ilegal yang berlokasi di Tepi Barat. Tepi Barat merupakan wilayah yang diduduki Israel hingga kini.

Sementara itu sekretaris komisi fatwa MUI, KH Miftahul Huda mengatakan bahwa hingga saat ini belum ada fatwa MUI terkait hukum membeli atau mengkonsumsi produk-produk Israel terlebih produk kurma medjoul dari Israel.

Ini daftar merk kurma dari Israel menurut AMP

  1. Hadiklaim
  2. Mehadrin
  3. Delilah
  4. Carmel Agrexco
  5. Anna and Sara
  6. Shah Co
  7. Sincerely Nuts
  8. Urban Platter
  9. Star Dates
  10. King Soloman
  11. Food to Live
  12. Navafresh. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here