Tuesday, 30 April 2024
HomeKabupaten BogorJelang Ramadan, Ratusan Orang Ziarah ke TPU Cirimekar 

Jelang Ramadan, Ratusan Orang Ziarah ke TPU Cirimekar 

Bogordaily.net (TPU) Cirimekar yang berada di Jalan , Kecamatan Cibinong, Kabuapten Bogor dikunjungi oleh ratusan warga untuk melakukan kubur menjelang bulan suci .

“Jelang ini, seminggu sebelumnya itu sudah ramai penziarah. Sekitar 100 orang per hari. Ini sudah dari zaman dulu,”ungkap Kuncen Ali, Rabu, 22 Maret 2023.

Dari pantauan Bogordaily.net di lapangan, nampak para penziarah melakukan doa untuk keluarga atau kerabatnya yang lebih dahulu meninggal. Selain itu, mereka tampak membersihkan makam dengan mencabuti rumput yang sudah panjang.

Baca juga : TPU Cilebut Timur Didatangi Peziarah Jelang Ramadan

Ali (53) mengatakan, warga yang datang ini sebelumnya tinggal di sekitaran wilayah makam dan tidak sedikit dari mereka sengaja datang dari luar Bogor untuk melakukan di .

“Kebanyakan orang sini, kalaupun ada yang jauh, dulu dia tinggal disini sudah pindah kemana. Yang jelas orang lingkungan sini awalnya,” kata Ali.

Ia menyebut, penziarah akan mengalami peningkatan sebanyak tujuh kali lipat pada hari lebaran nanti. Ali sendiri dipercaya warga sekitar untuk menjaga makam dengan luas lahan sebesar 2 hektare ini.

“Ramai pas mau puasa dan hari raya. Kalau lebaran, di hari Hnya bisa sampai 700 orang yang berziarah,” tungkas dia.

Sementara itu, salah satu penjual kembang dan air mawar Yuli (52) turut kecipratan rezeki berkat datangnya penziarah ke itu.

“Alhamdulillah lebih banyak yang beli dari hari biasanya. Karenakan orang-orang pada ke makam sebelum puasa,” tandas Yuli.

Dalam sehari Yuli bisa mendapatkan uang paling sedikitnya Rp 1,5 juta, jika pengunjung makam sedang ramai. Bahkan, Yuli mengaku, tidak jarang omsetnya lebih dari itu.

“Saya bisa jual kembangnya itu ada yang Rp 5.000 hingga Rp 10.000. Kalau untuk air mawarnya Rp 10.000 dan ada kendi juga Rp 25.000,” ucapnya kepada Bogordaily.net. (Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here