Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaKeutamaan Membaca Surat Al-Baqarah Apa Saja?

Keutamaan Membaca Surat Al-Baqarah Apa Saja?

Bogordaily.net– Keutamaan membaca apa saja? Selain keutamaan umum, membaca Al-Qur'an juga memiliki keutamaan khusus yang tampak dalam surat-surat dan ayat-ayat yang diistimewakan. Salah satunya adalah .

Dikutip dari NU Online, bukan berarti surat-surat lain tidak istimewa, sebab semua ayat adalah istimewa, berasal dari sumber yang sama, Dzat Yang Maha Mulia. Namun, melalui ayat-ayat itu Allah menghendaki karunia besar untuk hamba-hamba yang dikehendaki-Nya. Demikian menurut Ibnu Abdil Bar.

Keutamaan khusus membaca surat Al Baqarah diantaranya diungkap dalam riwayat Abu Umamah. Dalam riwayat tersebut, Rasulullah SAW menyebutkan yang artinya:

“Bacalah ‘dua tangkai bunga indah', yakni dan Ali ‘Imran. Sebab, keduanya akan datang pada hari Kiamat laksana penaung, atau seperti awan pelindung, atau seperti kelompok burung yang membeberkan sayap-sayapnya dan membela pembaca keduanya. Maka bacalah , sebab di dalamnya terdapat keberkahan. Sedangkan meninggalkannya adalah kerugian. Bahkan, para pelaku kebatilan (para ahli sihir) pun tak mampu menembusnya,” (HR. Ahmad).

Baca Juga: Sikat Gigi dan Berkumur saat Puasa Apa Hukumnya?

Bahkan, dalam Tafsir ats-Tsa‘labi diutamakan membacanya pada malam Jumat, sebagaimana arti berikut ini: “Siapa saja yang membaca dan surat Ali ‘Imran pada malam Jumat maka pada hari Kiamat akan digantikan untuknya sayap-sayap yang terbang membawa keduanya di atas Ash-Shirath.” (Lihat: Tafsir Ats-Tsa‘labi, jilid 3, hal. 5)

Hadits di atas didukung oleh hadits Rasulullah SAW riwayat Al-Hasan yang menyatakan, “Ingatlah, sekosong-kosongnya rumah dari kebaikan adalah rumah yang kosong dari kitabullah. Demi Dzat yang menggenggam jiwa Muhammad, sesungguhnya setan akan keluar dari rumah yang dibacakan di dalamnya,” (HR. Ibnu Mubarak).

Keutamaan berikutnya adalah akan diberi penghormatan berupa mahkota di surga, sebagaimana dalam riwayat Ad-Darimi, “Siapa saja yang membaca surat al Baqarah, maka dia akan dikenakan makhkota darinya di surga.”

Surat Al Baqarah juga termasuk surat istimewa karena merupakan “bongkol” Al-Qur'an yang di dalamnya terdapat ayat Kursi. Kapan pun ayat Kursi dibaca dalam rumah yang ditempati setan, maka setan tersebut akan keluar, sebagaimana hadits riwayat Abu Hurairah, yang artinya:

“Segala sesuatu memiliki bongkol. Dan bongkol Al-Qur'an adalah . Di dalamnya terdapat sebuah ayat yang menjadi “tuannya” ayat-ayat Al-Qur'an, yakni ayat Kursi. Tidaklah ayat itu dibaca di suatu rumah yang di dalamnya terdapat setan kecuali setan itu akan keluar,” (HR. Abdur Razzaq).

Keutamaan lain membaca dua ayat terakhir surat Al Baqarah pada suatu malam adalah dicukupkan pahala menunaikan qiyamullail pada malam itu.

“Siapa saja yang membaca akhir pada suatu malam maka balasan membaca akhir surat itu akan mencukupkan untuknya pahala shalat malam pada malam tersebut.” Demikian yang diriwayatkan oleh Abdur Razzaq.

Keutamaan membaca ayat-ayat pilihan dalam surat Al Baqarah juga pernah dikemukakan oleh Ibnu Mas‘ud. Dalam riwayat tersebut, Rasulullah SAW bersabda yang artinya:

“Siapa saja yang membaca empat ayat pertama , kemudian ayat Kursi, kemudian dua ayat setelah ayat Kursi, kemudian tiga ayat terakhir , maka dia dan keluarganya tidak akan didekati pada hari itu oleh setan. Tidak pula didekati oleh sesuatu yang tidak disukainya. Dan tidaklah dua ayat dibacakan pada orang tunagrahita kecuali akan sadar (atas izin Allah),” (HR. Ad-Darimi). ***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here