Sunday, 5 May 2024
HomePolitikKoalisi Perubahan Bakal Deklarasi Anies Capres, Awal Puasa?

Koalisi Perubahan Bakal Deklarasi Anies Capres, Awal Puasa?

Bogordaily.net–  kabarnya akan deklarasi mendukung sebagai capres 2024. Lalu kapan waktunya?

Juru Bicara , Sudirman Said mengatakan yang beranggotakan Partai Demokrat, PKS dan NasDem akan segera menggelar deklarasi dekat- dekat ini. Kemungkinan deklarasi dilakukan saat awal bulan puasa atau Ramadhan 2023.

“Waktu dekat ya hari-hari ke depanlah (deklarasi). Awal puasa barang kali,” ujar Sudirman kepada wartawan di Jakarta Selatan, sebagaimana dikutip dari Suara.com, Selasa, 21 Maret 2023.

Ia menjelaskan, hingga kini masih alot dalam penentuan bakal calon wakil presiden (bacawapres) Anies. Pihaknya tinggal menunggu kesepakatan tanggal dari para anggota koalisi terkait deklarasi.

“Oh nggak (finalisasi cawapres). Kalau substansi piagam koaliasinya sudah disepakati sejak tanggal 14 Februari. Tinggal karena masalah teknis jadwal segala macam,” kata dia.

Baca Juga: Arti Mimpi Hamil Menurut Islam Apa? Ada Kabar Tak Terduga

Sementara itu Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Hinca Panjaitan menyatakan belum akan mendeklarasikan calon presiden dan calon wakil presiden (capres dan cawapres) dalam waktu dekat, terutama sebelum masuk bulan suci Ramadan.

“Tinggal berapa hari lagi nih kayaknya belum lah,” kata Hinca.

NasDem, PKS, dan Demokrat sejauh ini baru mendeklarasikan sebagai bakal capres. Deklarasi pun dilakukan masing-masing.

Di antara tiga partai itu, belum ada kesepakatan soal cawapres. Mereka memandang urusan cawapres menjadi wewenang Anies untuk memilih.

Hinca menyebut deklarasi juga tidak perlu tergesa-gesa sebab masih ada banyak waktu untuk membicarakan siapa cawapres ideal untuk mendampingi Anies.

“Biarkan dulu ini berlangsung terus. Tadi yang saya katakan di sini berpolitiknya waktu kita masih cukup panjang untuk melakukan dialog dan asyik lah,” imbuhnya.

Di sisi lain,  Ketua DPP Partai NasDem Willy Aditya mengingatkan Demokrat dan PKS atas kesepakatan yang ada terkait dukungan terhadap sebagai bakal calon presiden. Ketiga partai sepakat menyerahkan pemilihan calon wakil presiden kepada Anies.

Ia mengingatkan adanya kesepakatan tersebut untuk mencegah adanya pihak-pihak yang memaksakan tokoh tertentu menjadi pendamping Anies.

“Ingat saja itu poinnya, apa poin deklarasinya. Teman-teman lihat, poin deklarasi NasDem, poin deklarasi Demokrat, poin Deklarasi PKS. Tiga-tiganya memberikan kewenangan kepada Mas Anies untuk menentukan cawapres,” kata Willy.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here