Friday, 26 April 2024
HomeTravellingMasjid Agung Al Ittihad, Salah Satu Masjid Tertua di Cibinong

Masjid Agung Al Ittihad, Salah Satu Masjid Tertua di Cibinong

Bogordialy.net – Masjid Agung Al Ittihad yang berlokasi di Jalan Raya Tegar Beriman, , Kabupaten Bogor ini, menjadi salah satu masjid tertua di .

Berdasarkan pantauan Bogordaily.net, di Masjid Agung ini, ramai masyarakat khususnya di wilayah melaksanakan ibadah disini, terlebih di saat bulan suci Ramadan, seperti melaksanakan solat berjamaah, tadarus al quran, maupun mengadakan kegiatan buka puasa bersama.

Ketua Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Al Ittihad , H Rahmat Hidayat mengatakan, masjid ini berdiri sejak 1938, dan didirikan oleh salah satu pejuang kemerdekaan yaitu KH Syamsuri serta merupakan masjid pertama di .

“Di wilayah saat ini ada 23 masjid. Namun semuanya berdiri setelah adanya Masjid Agung Al-Ittihad. Jadi tidak salah kalau Al-Ittihad disebut sebagai masjid tertua di ,” kata H Rahmat Hidayat, Jumat 31 Maret 2023.

Kata dia, Masjid Al-Ittihad ini diberi nama sebagai Masjid Agung, karena jemaah yang datang ke sini datang dari berbagai wilayah.

“Masjid ini lokasinya sentral sehingga jemaah yang salat di sini datang dari mana-mana. Karena itu disebut Masjid Agung,” jelasnya.

Ia mengatakan, sebagai masjid pertama, kaum muslimin dan muslimat di  dan sekitarnya datang ke masjid ini untuk melaksanakan saolat Jumat dan pengajian.

“Masjid ini juga menjadi basis perjuangan kemerdekaan. Saat itu, masjid ini benar-benar sebagai pusat kegiatan Islam di . Masjid ini juga pernah diserbu Belanda,” ujar Rahmat.

Sementara itu, Masjid Al-Itthad adalah masjid kedua di Kabupaten Bogor. Masjid utama Kabupaten Bogor adalah Masjid Baitul Faizin yang berada di area Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor.

(Albin Pandita)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here