Friday, 29 March 2024
HomeEkonomiMenKopUKM: Pengawasan Oleh Ombudsman RI Dongkrak Kualitas Pelayanan Publik

MenKopUKM: Pengawasan Oleh Ombudsman RI Dongkrak Kualitas Pelayanan Publik

Bogordaily.net – Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM) mengajak masyarakat untuk mengapresiasi Ombudman RI atas kinerjanya dalam mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik oleh penyelenggara negara dan pemerintah, baik pusat maupun daerah yang terbukti mendongkrak kualitas pelayanan publik.

telah memberikan imbas positif terhadap pengelolaan pemerintah dan negara, sehingga manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat,” kata MenKopUKM saat menghadiri peringatan hari ulang tahun Ke-23, Jumat (10/3).

Menteri Teten melanjutkan, kehadiran semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, salah satunya melalui survei indeks pelayanan publik serta penganugerahan predikat kepatuhan standar pelayanan publik terbaik, di mana pada tahun 2022 Kementerian Koperasi dan UKM berada di dalam zona hijau, opini kualitas tertinggi kategori A dengan nilai 88,13.

MenKopUKM: Pengawasan Oleh Ombudsman RI Dongkrak Kualitas Pelayanan Publik

“Saya merasa bangga telah berkesempatan menjadi bagian dari keluarga Ombudsman, terlebih lagi dengan impact positif yang diberikan oleh Ombudsman kepada pengelolaan pemerintah dan negara ini,” ujar Menteri Teten.

Baca Juga: KemenKopUKM Dorong Usaha Mikro Tingkatkan Tata Kelola dan Manajemen Keuangan

Pada ulang tahun Ombudman RI yang ke-23 tahun tersebut, Menteri Teten berharap mereka dapat terus konsisten dalam melaksanakan kewenangannya untuk membentuk ekosistem penyelenggara negara yang bermartabat dengan mengedepankan transparansi, karena menurutnya perbaikan kualitas pelayanan publik yang dinikmati langsung oleh masyarakat adalah pekerjaan yang tidak pernah berhenti.

“Saya berharap dapat terus meningkatkan peran pengawasannya guna mewujudkan pelayanan publik yang semakin berkualitas, serta dapat terus bersinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak pemangku kepentingan,” kata Menteri Teten.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Mokhammad Najih mengatakan, sepanjang 2022, menerima 8.292 laporan masyarakat dan 11.427 konsultasi masyarakat di seluruh Indonesia.

MenKopUKM: Pengawasan Oleh Ombudsman RI Dongkrak Kualitas Pelayanan Publik

“Hal ini menunjukkan kesadaran masyarakat memperoleh hak pelayanan publik yang lebih baik,” kata Najih.

Najih juga menyampaikan apresiasi kepada para pemangku kepentingan dan penyelenggara pelayanan atas kinerja dan kontribusi terbaiknya.

“Terima kasih kepada masyarakat yang telah memberikan kepercayaan dan partisipasi aktif terhadap penyelesaian permasalahan pelayanan publik. Semoga kinerja Ombudsman semakin baik dan memberikan dampak positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik,” ujar Najih.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here