Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaNiat Mandi Sebelum Puasa Ramadan, Baca Doa Ini

Niat Mandi Sebelum Puasa Ramadan, Baca Doa Ini

Bogordaily.net–    mandi sebelum Ramadan bisa kamu baca saat membersihkan diri jelang melaksakan ibadah di bulan suci yang sudah di depan mata. Berikut ini bacaan mandi sebelum Ramadan.

Mandi merupakan salah satu cara menjaga kebersihan dan kesucian tubuh yang bisa bernilai ibadah. Mandi sebelum bisa dimaknai sebagai usaha umat muslim menyiapkan diri baik secara lahir maupun batin untuk menyambut dan menjalankan amalan-amalan selama Ramadan.

Bulan suci Ramadan merupakan bulan mulia yang di dalamnya terdapat banyak keistimewaan. Seperti pahala amal kebaikan atau ibadah akan dilipatgandakan oleh Allah swt. Salah satu amalan yang dilakukan oleh kaum Muslimin di bulan Ramadan adalah mandi Ramadan.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Resep Menu Sahur Awal Puasa, Enak dan Praktis

Dikutip dari NU Online, mandi yang dimaksud di sini adalah mandi sunnah yang dapat dilakukan setiap malam Ramadan. Hal ini sekaligus menegaskan bahwa tidak ada amalan mandi wajib khusus di bulan Ramadan atau menjelang Ramadan.

Sebab mandi wajib hanya untuk orang yang berhadats besar yang hendak melaksanakan ibadah dan memang disyaratkan dalam keadaan suci, seperti shalat lima waktu, tawaf, dan ibadah-ibadah yang lain, sedangkan tidak termasuk.

Mandi ini merupakan salah satu anjuran yang hendaknya dilakukan umat Islam pada malam-malam bulan Ramadan. Dalam kitab Hasyiyah al-Bajuri (1/81) karya Syekh Ibrahim al-Bajuri menjelaskan terkait kesunnahan mandi di malam Ramadan yang artinya:

“Dan sisa mandi-mandi yang disunnahkan telah disebutkan dalam kitab-kitab yang panjang pembahasannya. Di antaranya adalah membersihkan badan karena hendak memasuki kota Madinah,… dan setiap malam di bulan Ramadan. Imam al-Adzra'i hanya membatasi pada orang yang hendak menghadiri berjamaah, sementara menurut pendapat yang kuat tidak ada pembatasan dalam hal itu.”

Mandi Malam Ramadan

Berikut niat mandi sunnah di malam bulan Ramadan:

Nawaitu adâ'al ghuslil masnûni lî fî hadzihil lailatil min romadh lillâhi ta'âlâ.

Artinya: Aku berniat menjalankan mandi yang disunnahkan kepadaku pada malam ini di bulan Ramadan karena Allah Ta'ala.

Itulah bacaan niat mandi sebelum melaksanakan ibadah Ramadan.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here