Tuesday, 19 March 2024
HomeOtomotifPara Pemula, Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Takut Bawa Motor di Jalan...

Para Pemula, Ini 5 Cara Mengatasi Rasa Takut Bawa Motor di Jalan Raya

Bogordaily.net – Ada banyak cara mengatasi bawa motor dengan mudah, bagi kamu yang baru saja belajar motor atau . Biasanya tersebut timbul karena terlalu memikirkan hal-hal buruk ketika sedang berkemudi, sehingga muncul rasa khawatir.

Merasa khawatir berada di jalan raya memang bukan hal yang buruk. Takut akan menabrak, ditabrak, atau terjatuh adalah hal yang wajar di pikiran setiap pengendara. Apalagi jika seseorang pernah mengalami salah satu kejadiannya.

Jika Anda sudah terlanjur takut untuk berkendara naik motor, ada beberapa cara menghilangkan naik motor bagi yang bisa Anda coba untuk meningkatkan keberanian bermotor.

Dilansir dari motorcyclebrave.com, berikut adalah cara menghilangkan naik motor bagi .

1. Kenali Penyebab

Mengenali penyebab mengendarai motor akan menjadi bagian besar agar berkendara lebih percaya diri. Terdapat banyak faktor yang bisa menjadi pemicu rasa takut tersebut.

Cara menghilangkan rasa takut naik motor yakni membicarakannya dengan orang yang akan mengajari Anda berkendara. Dengan demikian, Anda bisa menemukan solusi mengatasinya.

2. Konsisten Latihan

Cara menghilangkan rasa takut naik motor ketiga yakni dengan berlatih. Semua teori di dunia ini tidak akan berguna jika Anda tidak mempraktikkannya. Di awal berkendara, pilihlah tempat parker atau ruang terbuka yang diaspal dengan sedikit lalu lintas untuk berlatih.

Latih semua yang telah Anda pelajari di kursus mengendarai sepeda motor. Semakin banyak Anda berlatih, semakin baik Anda berkendara, sehingga dapat membantu mendapatkan lebih banyak kepercayaan diri dan mengelola ketakutan.

3. Pastikan Proteksi Diri

Untuk menghilangkan rasa takut naik motor juga bisa Anda lakukan dengan mempersiapkan diri menggunakan perlengkapan berkendara. Melengkapi diri sebelum berkendara menjadi hal yang wajib.

Jika melihat ke jalan, mungkin akan sering menjumpai banyak pengendara tanpa persiapan. Mulai dari mengenakan sandal jepit, kaos, dan celana pendek saat naik sepeda motor. Padahal itu bukanlah persiapan yang tepat.

Mengenakan perlengkapan motor yang tepat bukan hanya melindungi akibat kondisi lingkungan serta cuaca.

4. Jangan Ngebut

Pada fase belajar, biasanya kepanikan akan datang saat motor melaju terlalu cepat. Tentu saja, himbauan ini juga berlaku untuk kamu yang sudah bisa berkendara dengan baik.

Jangan terlalu ngebut saat berkendara, karena bisa mengurangi kontrol pada kendaraan. Berkendara perlahan, dan nikmati saja perjalanan yang kamu lakukan.

5. Percaya Diri

Agak klise memang, tapi cara menghilangkan rasa takut naik motor adalah dengan meningkatkan percaya diri. Terus katakan dan berikan sugesti pada diri sendiri bahwa kamu bisa. Sambil tetap berkonsentrasi, perlahan mulailah menarik tuas gas motor yang kamu kendarai.

Itulah tadi bagaimana cara mengatasi rasa takut bawa motor bagi di jalan raya. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here