Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorPemkab Kukuhkan Duta Anti Narkoba, PKK Optimis Angka Penyalahgunaan Berkurang

Pemkab Kukuhkan Duta Anti Narkoba, PKK Optimis Angka Penyalahgunaan Berkurang

Bogordaily.net – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor mengukuhkan ratusan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) sebagai Kabupaten Bogor, di Auditorium Sekretaris Daerah (Sekda), Kamis 9 Maret 2023.

“Pengukuhan dari desa itu ada 316 Desa sama 19 Kelurahan,” ucap Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Halimatusadiyah Iwan seusai kegiatan.

Ketua TP-PKK Kabupaten Bogor, Halimatusadiyah Iwan mengatakan bahwa pihaknya optimis dalam menurunkan angka penyalahgunaan di lingkup Bumi Tegar Beriman.

“Harus optimis, dengan ini kan otomatis ada penambahan penyuluh. Tugas juga buat kami PKK,” ujar Halimatusadiyah Iwan.

Halimah menuturkan, program sosialisasi dan penyuluhan kesehatan sudah dilakukannya sejak dulu. Namun, tidak spesifik ke penekanan angka penyalahgunaan narkotika.

“Kita di PKK itu sudah ada di Pokja satu itu pola asuh anak dan remaja itu sudah kita terapkan, pokja empatnya masuk ke bidang kesehatan,” terangnya kepada Bogordaily.net.

Ia mengaku, para pengurus itu juga akan diberikan pelatihan agar mereka bisa memberikan edukasi dan sosialisasi secara benar kepada keluarga dan masyarakat.

“Ke depan ada pelatihan, pembinaan buat Duta dari kecamatan dan desa untuk melakukan edukasi dan Sosialisasi ke masyarakat,” jelas dia.

Ditempat yang sama, Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengharapkan, para pengurus PKK bisa melakukan sosialisasi dan edukasi secara masif tentang bahaya .

“Satu penyuluhan, edukasi, sosialisasi, yang dilakukan oleh duta-duta PKK dari tingkat kabupaten, tingkat kecamatan dan tingkat desa terkait bahaya ,” harap Iwan Setiawan.

Menurutnya, PKK bisa menjadi mitra strategis untuk menekan angka penyalahgunaan , khususnya dalam lingkungan keluarga.

“Mereka bisa mensosialisasikan ke tingkat paling kecil, sampai lingkungan ke rumah,” pungkas Iwan.

Ia juga menambahkan bahwasanya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor akan mendukung secara material untuk para itu.

“Kami akan ada pelatihan BIMTEK terdiri dari BNN yang siap dukung dan dari leading sektor Bakesbangpol. Mungkin nanti ada tambahan (anggaran) itu sebagai tugas khusus,” katanya memberikan keterangan. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here