Monday, 29 April 2024
HomeNasionalPenyebab Kebakaran Depo Plumpang Apa? Ini Kata Kapolri

Penyebab Kebakaran Depo Plumpang Apa? Ini Kata Kapolri

Bogordaily.net–  Penyebab kebakaran Depo Plumpang yang terjadi Jumat, 3 Maret 2023 malam masih dalam penyelidikan polisi. Dari hasil olah TKP, dugaan awal penyebab kebakaran karena gangguan teknis saat pengisian ulang bahan bakar minyak atau BBM.

Hal tersebut diungkapkan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo usai meninjau lokasi kebakaran, Sabtu, 4  Maret 2023,

Jenderal Listyo Sigit mengatakan, BBM jenis Pertamax pada Jumat malam sekitar pukul 20.00 WIB dibawa dari Kilang Balongan, Kabupaten Indramayu, untuk disimpan di Depo Plumpang.

“Gangguan teknis terjadi pada saat pengisian menyebabkan adanya tekanan berlebih yang membuat depo terbakar,” kata Listyo Sigit dikutip dari Suara.com.

Namun, menurut Kapolri, hal tersebut merupakan dugaan awal. Tim gabungan Polda Metro Jaya serta Bareskrim Polri sudah menggelar olah tempat kejadian perkara atau TKP untuk menentukan titik awal peristiwa tersebut.

Tak hanya itu kata Kapolri, tim gabungan juga akan memeriksa sejumlah saksi di antaranya masyarkat maupun manajemen Depo Plumpang.

Di sisi lain, sejak api padam, operasional Terminal BBM Plumpang, Jakarta PT (Persero) telah berjalan normal. juga menjamin suplai BBM dan LPG tetap terjaga.

Direktur Utama , Nicke Widyawati menyampaikan demi menjaga kestabilan suplai, pasokan BBM dan LPG juga dikerahkan dari terminal terdekat.

“Dipastikan SPBU tidak ada antrian, jadi tidak perlu ada panic buying. Stok BBM di Jakarta, Banten dan Jawa Barat tersedia cukup,” ujar Nicke dalam press conference di Rumah Sakit Pusat, Sabtu, 4 Maret 2023 dilansir dari laman resmi .

Untuk melakukan investigasi penyebab kejadian, Pertamina telah berkoordinasi intens dengan aparat hukum serta membentuk tim gabungan. Investigasi dilakukan agar insiden serupa tidak terjadi lagi di kemudian hari.

Menurut Nicke, estimasi kerugian juga masih dalam proses evaluasi bersamaan dengan investigasi.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here