Saturday, 20 April 2024
HomeTravellingPerjalanan Aman, Ini 6 Tips Travelling saat Puasa Ramadan

Perjalanan Aman, Ini 6 Tips Travelling saat Puasa Ramadan

Bogordaily.net – Bepergian saat berpuasa tentu memerlukan persiapan tambahan, karena biasanya akan menguras lebih banyak tenaga. Nah, berikut tips dengan aman saat menjalankan Ramadan.

Selama , para muslim cenderung mengurangi aktivitasnya guna menjaga stamina tubuh.

Namun demikian, ada masyarakat yang harus bepergian jauh pada periode ini. Bepergian jarak jauh kala tentunya berbeda dengan pada hari-hari biasa, karena energi berkurang akibat tidak makan dan minum.

Tips ini dapat kamu gunakan agar perjalanan dapat berjalan lancar dan tentunya kamu bisa menikmati setiap perjalanannya.

1. Menentukan waktu yang tepat

Untuk perjalanan singkat, pilih penerbangan yang berangkat setelah buka dan mendarat sebelum sahur sehingga kamu tidak perlu bepergian saat berpuasa.

Jika tidak memungkinkan, cobalah mengatur waktu keberangkatan dan kedatangan kamu agar tidak perlu sahur atau berbuka di tengah penerbangan.

2. Menjaga kesehatan tubuh

Saat , tubuh membutuhkan perhatian lebih. Oleh karena itu, pastikan Sahabat Fimela minum air yang cukup saat berbuka dan sahur untuk menjaga diri agar tetap terhidrasi.

Pastika Anda beristirahat yang cukup untuk menghindari kelelahan berlebih saat bepergian. Jika diperlukan, minumlah vitamin pada saat sahur untuk menjaga daya tahan tubuh dan tidak mudah sakit.

3. Memilih Destinasi dan Perjalanan yang Tepat

Saat melakukan perjalanan, pastikan Anda terhindar dari paparan sinar matahari yang berlebihan. Pakailah pakaian yang longgar dan menutupi seluruh tubuh, termasuk memakai topi atau payung untuk melindungi diri dari panas.

Jika memungkinkan, hindari melakukan perjalanan saat berbuka atau ketika matahari terik di siang hari agar tidak dehidrasi dan kelelahan. Anda juga disaranman untuk memilih waktu perjalanan yang tidak terlalu melelahkan dan menguras energi, seperti di pagi hari atau malam hari.

4. Persiapkan jauh-jauh hari

Dalam Surat Al-Anfal, dikatakan bahwa “ Allah sebaik-baik perencana”.

Tetap berpegang pada rencana yang ringan dan fleksibel untuk menghindari kelelahan yang berlebihan, dan cari tahu di mana masjid atau lokasi salat terdekat sehingga kamu tidak perlu membuang waktu untuk mencarinya.

5. Ketahui Waktu Berbuka

Pastikan untuk mengetahui waktu berbuka di tempat yang Anda tuju. Anda dapat mengecek internet atau aplikasi yang memberikan informasi tentang waktu berbuka dan waktu salat setempat.

6. Gunakan Transportasi yang Nyaman

Selama bepergian, gunakan moda transportasi yang nyaman dan aman untuk menghindari kelelahan dan munculnya rasa tidak nyaman selama di perjalanan. Pilihlah transportasi dengan fasilitas lengkap dan memungkinkan Anda bisa lebih cepat sampai di destinasi tujuan

Itulah tadi beberapa tips jarak jauh saat jalani Ramadan. Semoga bermanfaat.*

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here