Monday, 29 April 2024
HomeKabupaten BogorPolres Bogor Tangkap 14 Tersangka Kasus Narkoba, Sita 278 Paket Sabu Siap...

Polres Bogor Tangkap 14 Tersangka Kasus Narkoba, Sita 278 Paket Sabu Siap Edar

Bogordaily.net–  menangkap 14 tersangka kasus selama Februari 2023. Sejumlah barang bukti juga disita Satuan Reserse (Satres) diantaranya 278 paket sabu siap edar.

Kepala Satuan (Kasat) AKP Muhammad Ilham saat mengatakan 278 paket sabu siap edar itu memiliki berat sekitar setengah kilogram.

“Dari penyalahgunaan narkotika jenis sabu tersebut, kami menyita ratusan paket sabu,” kata AKP Muhammad Ilham dalam konferensi pers di lobby utama Mako , di Cibinong, Jumat 3 Maret 2023.

Dalam menjalankan aksinya, tersangka menggunakan sistem tempel atau menyimpan barang di suatu tempat. Selain itu, kata Ilham, pelaku juga kerap bertemu langsung atau dikenal dengan Cash On Delivery (COD).

“Modus operandi yang digunakan yaitu dengan cara bertemu langsung atau dikalangan dikenal dengan cara sistem COD. Kemudian modus operandi lainnya yaitu dengan memberikan petunjuk kepada pembeli baik yang dikenal dengan sistem tempel,” ujar Ilham.

Polres Bogor Tangkap 14 Tersangka Kasus Narkoba (2)
Tersangka kasus jenis sabu diamankan oleh Satres . (Mutia/Bogordaily.net)

Ia mengungkapkan, jaringan pengedaran narkotika jenis sabu ini sendiri meliputi kawasan Kabupaten Bogor seperti Cibinong, Gunung Putri, Sukaraja, Cariu, dan Babakan Madang kemudian Kabupaten Bekasi yakni Jaya Sampurna dan Kabupaten Lebak, Banten.

Menurut Ilham, motif para tersangka melakukan penyalahgunaan karena faktor ekonomi. Akibat perbuatannya itu, tersangka dijerat pasal berlapis yakni pasal 112 ayat (2) atau pasal 114 (2) dengan ancaman hukuman paling singkat 5 tahun dan maksimal 20 tahun penjara atau pidana mati ditambah denda paling sedikit Rp 1 miliar dan paling banyak Rp 10 miliar.

Dari pengungkapan kasus tersebut AKP Ilham menyebut pihaknya telah menyelamatkan 2.700 jiwa masyarakat Kabupaten Bogor dari penyalahgunaan narkotika jenis sabu ini.(Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here