Friday, 10 May 2024
HomePolitikPolresta Bogor Kota Siap Jaga TPS Saat Pemilu 2024

Polresta Bogor Kota Siap Jaga TPS Saat Pemilu 2024

Bogordaily.net–  siap menjaga Tempat Pemungutan Suara (TPS) saat Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 di Kota Bogor.

“Ini 1.000 personel untuk Polrestanya sendiri. Tapi nanti kami pun ada BKO dari TNI, Brimob, Lanud, Batalyon, banyak,” kata Kapolresta Bogor Kota, Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso.

Ia mengatakan, banyak hal-hal terkait Kamtibmas yang harus dipertimbangkan pada Pemilu mendatang. Untuk itu ia tak henti-hentinya mengingatkan kepada semua pihak.

“Tujuannya adalah mengingatkan kita bersama bahwa Kamtibmas, kesejukan, kerukunan, hormat menghormati, harga menghargai, dan juga membahas tentang teknis hal-hal Kamtibmas yang harus dipertimbangkan,” ujar Bismo.

Baca Juga: Forkopimda Kota Bogor Pastikan Pemilu 2024 Berjalan Lancar

Dari pesan yang diterimanya dari Bawaslu Kota Bogor, kata Bismo, sosialisasi partai politik nantinya harus dilakukan setelah ada izin dari KPU, Bawaslu, dan kepolisian. Sehingga akan ada pengamanan saat kegiatan berlangsung.

Adapun hal yang menjadi pertimbangan salah satunya lalu lintas. Jangan sampai, kata Bismo, kegiatan partai politik malah menghalangi hak madyarakat.

“Misalnya ada jalur orang mau ke rumah sakit, jalur protokol, jalur pendidikan, nggak boleh. Sama tempat ibadah nggak boleh. Pakemnya itu. Sesuai dengan Perbawaslu, PKPU, berkiblatnya pada itu,” papar Bismo.

Di sisi lain, sejauh ini belum ada wilayah Kota Bogor yang tercatat sebagai wilayah yang rawan perpecahan. Sebab, Kota Bogor kata dia memiliki DNA perdamaian dan kerukunan.

Meski demikian, Bismo menambahkan, bersama TNI dan semua pihak terkait, Polri siap mengamankan tahapan penyelenggaraan . Khususnya di Kota Bogor.

Kemudian, Polri bersama TNI serta pihak lainnya akan bekerja secara profesional. Dukungan semua sangat dibutuhkan agar keamanan dan kondusivitas tetap terjaga.

“Tahapan pemilu sudah mulai dengan pemutakhiran data, mari kita saling mengawasi dan mengingatkan demi kebaikan bersama” tutup Bismo.

Sementara itu, Ketua Bawaslu Kota Bogor Yustinus mensosialisasikan tahapan-tahapan kampanye yang telah disiapkan oleh Bawaslu Kota Bogor.

Yustinus juga berharap agar kampanye mendatang dilakukan dengan tertib dan aman. Ia juga mengatakan ruang publik yang tidak boleh digunakan seperti Lapangan Sempur.

“Ruang publik yang tidak boleh digunakan yakni Lapangan Sempur karena mengganggu ketertiban umum dan tamu negara,” jelas Ketua Bawaslu Kota Bogor Yustinus.(Muhammad Irfan Ramadan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here