Friday, 29 March 2024
HomeKabupaten BogorPraktik Thrifting di Kabupaten Bogor Bakal Diburu!

Praktik Thrifting di Kabupaten Bogor Bakal Diburu!

Bogordaily.net – Dinas Perindustrian dan Perdagangan () Kabupaten akan melakukan sidak praktik pakaian bekas impor.

“Kita akan menjadwalkan itu dengan Kapolres. Otomatis kita akan keliling, kemarin kan ke pasar nanti akan kita cari itu,” ungkap Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Entis Sutisna, Kamis 30 Maret 2023.

Ia menyebut bahwa, praktik tidak dianjurkan untuk diperjualbelikan. Sebab, kata dia hal tersebut sesuai dengan arahan dari Provinsi.

“Sesuai arahan itu tidak boleh, disdagin provinsi sudah mengarahkan ke sana yaitu untuk ditutup,” ujar Entis.

Meski demikian, Entis mengaku saat ini masih dalam proses pencarian informasi akurat, mengenai keberadaan di Kabupaten .

“Kita tentunya butuh informasi juga. Kita juga butuh data. Nanti toko-toko yang dimaksud seperti apa,” paparnya kepada Bogordaily.net.

Baca Juga: Rest Area Gunung Mas Puncak Diresmikan Sebelum Hari Jadi Bogor Ke-541

Sementara itu, dalam peraturan Menteri Perdagangan Nomor 51/M-DAG/PER/7/2015 dijelaskan mengenai Larangan Impor Pakaian Bekas dan Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 40 Tahun 2022 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

Kemudian, pada Pasal 2 Ayat 3 juga tertera bahwa barang dilarang impor, salah satunya adalah berupa kantong bekas, karung bekas, dan pakaian bekas.

“Sudah ada aturan jelas untuk melarang pakaian bekas impor ilegal untuk masuk dan diperdagangkan di Indonesia. Bahkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga secara terbuka melarang penjualan pakaian bekas impor. Karena ini jelas banyak dampak negatif kepada UMKM lokal hingga berdampak pada lingkungan,” ucap Deputi Bidang UKM KemenKopUKM Hanung Harimba Rachman dalam pertemuan sekaligus diskusi bersama e-commerce di Kantor KemenKopUKM, Jakarta. (Mutia Dheza Cantika)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here