Thursday, 2 May 2024
HomeHiburanProfil dan Biodata Once Mekel, Penyanyi yang Dilarang Bawakan Lagu Dewa 19

Profil dan Biodata Once Mekel, Penyanyi yang Dilarang Bawakan Lagu Dewa 19

Bogordaily.net–  Profil dan biodata Once Mekel turut menjadi perhatian usai dikabarkan dilarang menyanyikan lagu oleh Ahmad Dhani. Siapa Once Mekel? Berikut profil dan biodata Once yang tak lain mantan vokalis grup band .

Ahmad Dhani melarang Once Mekel membawakan lagu .  Salah satunya karena sedang melakukan tour. Suami Mulan Jameela itu ingin menjaga kemurnian konser yang akan berlangsung setelah Lebaran.

“Saya menjaga kemurnian dari konser yang dilangsungkan setelah Lebaran. Konser itu sampai Desember full,” ujar Ahmad Dhani.

Profil Once Mekel

Once Mekel memiliki nama lengkap Elfonda Mekel. Ia lahir di Makassar, 21 Mei 1970 dan dikenal sebagai mantan vokalis grup band .

Once bergabung dengan pada tahun 1999 lantaran menggantikan Ari Lasso sebagai vokalis setelah menyelesaikan pembuatan album Pandawa Lima (1997), demikian data dari Wikipedia.

Sebelum bergabung dengan , ia telah merilis singel solo, seperti “Juwita Pandang” (1991) dan “Anggun” (1999). Karier Once melesat menuju puncak popularitas melalui 2 album terlaris Dewa seperti Bintang Lima (2000) dan Cintailah Cinta (2002). Ia juga memiliki 5 album bersama Dewa 19.

Profil Biodata Once Mekel
Once Mekel. (Foto: Instagram @oncemekelofficial)

Sukses sebagai vokalis band, Once kemudian merintis karier solo melalui singel “Dealova” (2005) yang merupakan soundtrack film berjudul sama.

Setelah pembubaran Dewa 19 pada tahun 2011, ia mulai fokus dalam kariernya sebagai penyanyi solo dan merilis beberapa single.

Once kemudian meluncurkan album pertamanya yang bertajuk Once (2012). Ia juga dikenal sebagai salah satu vokalis pria terbaik di Indonesia dari sisi karakter dan kekuatan vokal. Majalah Rolling Stone memasukan Once dalam “50 Greatest Indonesian Singers”, yaitu daftar 50 penyanyi Indonesia terbaik sepanjang masa.

Kiprahnya di dunia musik dimulai saat ia duduk di bangku SMP menggantikan vokalis pada sebuah festival band. Setelah lulus SMA, Once menjadi vokalis semiprofesional yang mendapat bayaran. Band-nya pernah mengiringi penyanyi kondang seperti Ita Purnamasari.

Sederet penghargaan telah diraihnya di antaranya Artis Solo Pria Pop Terbaik dalam ajang Anugerah Musik Indonesia tahun 2006, Album Rock/Punk/Metal Terbaik, Karya Produksi Kolaborasi Terbaik tahun 2013, serta Artis Solo Pria/Wanita Rock/Rock Instrumentalia Terbaik tahun 2020.

Dalam kehidupan pribadinya, ia menikah pada 20 Desember 2005 dengan Rietmadhanty Angelica Immaculata Tauchid yang akrab disapa Ima. Istri Once merupakan anak dari penyanyi senior Henny Purwonegoro. Pernikahan Once dan Ima dikaruniai seorang anak bernama Manuel Mekel.

Biodata Once:

Nama Lengkap: Elfonda Mekel

Nama panggilan: Once

Lahir: Makassar, 21 Mei 1970

Nama Istri: Rietmadhanty Angelica Immaculata Tauchid (Ima)

Nama Anak: Manuel Mekel

Album: Once tahun 2012

Penghargaan Anugerah Musik Indonesia:

Artis Solo Pria Pop Terbaik tahun 2006

Album Rock/Punk/Metal Terbaik tahun 2013

Karya Produksi Kolaborasi Terbaik tahun 2013

Artis Solo Pria/Wanita Rock/Rock Instrumentalia Terbaik tahun 2020

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here