Sunday, 19 May 2024
HomeBeritaProfil Dedi Sunardi, Direksi Pertamina yang Dicopot Erick Thohir Usai Kebakaran Depo...

Profil Dedi Sunardi, Direksi Pertamina yang Dicopot Erick Thohir Usai Kebakaran Depo Plumpang

Bogordaily.net, Direktur Penunjang Bisnis PT (Persero) yang dicopot jabatannya oleh Menteri . Pencopotan ini dilakukan usai kebakaran di Depo Plumpang, Jakarta Utara, pekan lalu.

Diketahui, Dedi bukan orang yang asing di perusahaan pelat merah. Dia pernah menjabat sebagai Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).

Adapun posisi sementara akan ditempati rangkap jabatan oleh Direktur Logistik & Infrastruktur Erry Widiastono.

Kabar pencopotan tersebut juga dibenarkan oleh Wakil Menteri I Pahala Nugraha Mansury mengungkapkan pencopotan salah satu direksi PT Pertamina yakni Dedi Sunardi.

“Pak Dedi Sunardi yang digantikan sebagai Direktur Penunjang Bisnis. Sementara ditugaskan kepada Pak Erry Widiastono,” kata Pahala dikutip dari Kompas, Kamis 9 Maret 2023.

Lantas, seperti apa ? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

Pria kelahiran Magetan tahun 1964 ini, menyandang gelar Sarjana Ekonomi Perusahaan dari Universitas Jayabaya Jakarta (1988) dan meraih Magister Management dari Universitas Gadjah Mada pada tahun 2000.

Sebelum ditunjuk sebagai Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia, Dedi berkarir di lingkungan Bank Rakyat Indonesia.

Dedi Sunardi diangkat menjadi Direktur Penunjang Bisnis PT Pertamina dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang digelar 3 Mei 2021 lalu.

Penunjukkan Dedi Sunardi tercantum dalam Salinan Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-142/MBU/05/2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Direksi Perseroan (Persero) PT Pertamina yang ditandatangani, pada Senin 3 Mei 2021. Dedi Sunardi ditunjuk menggantikan M. Haryo Yunianto yang sebelumnya menduduki jabatan tersebut.

Sebelum di Pertamina, Dedi juga menduduki jabatan mentereng, yaitu Direktur Utama PT Asuransi Kredit Indonesia (Askrindo).

Berdasarkan penelusuran, pemilik nama lengkap Dedi Sunardi Suryawinata itu telah puluhan tahun berkarier di sektor keuangan. Tepatnya, di industri perbankan dan asuransi.

Sejak 1989, Dedi sudah berkarier di PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Bahkan, posisi terakhirnya adalah menjadi Vice President BRI.

Pada Juli 2020, Dedi Sunardi diberi amanah oleh untuk memimpin salah satu angggota holding Indonesia Financial Group (IFG), yakni PT Askrindo. Akan tetapi, Jabatan tersebut dipegang Dedi selama sembilan bulan.

Setelahnya, Dedi ditunjuk Erick untuk menjadi Direktur Penunjang Bisnis Pertamina. Akan tetapi, kini ia dicopot gegara insiden kebakaran Depo Pertamina Plumpang.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here