Friday, 29 March 2024
HomeNasionalProfil Syabda Perkasa Belawa, Atlet Bulutangkis Indonesia yang Meninggal Kecelakaan di Tol...

Profil Syabda Perkasa Belawa, Atlet Bulutangkis Indonesia yang Meninggal Kecelakaan di Tol Pemalang

Bogordaily.net jadi perhatian publik, setelah kabar duka Syabda meninggal dunia karena kecelakaan di tol Pemalang, Jawa Tengah pada Senin, 20 Maret 2023 dini hari WIB.

Kabar itu di sampaikan Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) melalui unggahan di media sosial.

Mereka mengucapkan belasungkawa atas meninggalnya .

“Keluarga besar PP PBSI mengucapkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya atas berpulangnya salah satu muda Indonesia, (21 tahun) dalam kecelakaan di tol Pemalang (Jawa Tengah), Senin (20/3) dini hari.”

Sebelum PBSI, mantan pebulu tangkis Indonesia sekaligus ketua umum Pengkab PBSI Kudus, Yuni Kartika lebih dulu menyampaikan kabar duka tersebut melalui akun Instagram.

Baca Juga: Indonesian Fashion Chamber: Impor Pakaian Bekas Rugikan Desainer dan Produsen Fesyen Lokal

“Telah meninggal dunia, ,” tulis Yuni Kartika dalam unggahan foto yang menunjukkan dirinya tengah bersama Sabda.

“Syabda meninggal dunia dalam perjalanan ke Sragen untuk berziarah karena neneknya meninggal dunia.”

“Selamat jalan Syabda. You will be missed.”

Syabda merupakan salah satu tunggal putra masa depan Indonesia. Dia kali terakhir bertanding di Iran Fajr International Challenge 2023 pada Februari lalu dan mampu keluar menjadi juara.

Meninggalnya Sabda menjadi kabar duka untuk dunia bulu tangkis Indonesia setelah pada 27 Februari 2023 lalu juga ditinggal pebulu tangkis muda Az-Zahra Putri Dania yang meninggal karena sakit.

Syabda Perkasa Belawa merupakan pebulu tangkis kelahiran Jakarta, 25 Agustus 2001, yang sudah menimba ilmu sejak usia muda bersama klub PB Djarum.

Sejak bergabung pada 2013, Syabda sudah membukukan berbagai prestasi bersama klub bulu tangkis asal Kudus, Jawa Tengah, itu.

Beberapa catatan yang diukir oleh Syabda ialah menjuarai ajang Jakarta Junior International Series 2019 pada nomor tunggal putra U-19.

Selain itu, ia juga menjadi anggota tim Indonesia di ajang beregu junior di ajang Piala Suhandinata 2019 dan BWF World Junior Mixed Team Championship 2019.

Bahkan, ia juga sukses membawa pulang medali perak di nomor tunggal dan beregu putra pada gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021 yang lalu.

Saat ini, pebulu tangkis berusia 20 tahun itu menjadi salah satu pemain termuda yang dibawa oleh tim Thomas Cup 2022 selain Tegar Sulistyo.

Hebatnya, Syabda sempat menjadi pahlawan kemenangan Indonesia atas Korea Selatan untuk membawa Merah Putih menjadi juara Grup A Piala Thomas 2022.

Bermain sebagai tunggal ketiga atau pemain terakhir, Syabda sukses menundukkan perlawanan Lee Yun Gyu dengan skor 21-14, 12-21, dan 21-16.

Dengan hasil ini, Syabda sukses memastikan keunggulan Indonesia dengan kedudukan 3-2 atas Korea Selatan dan melaju ke babak selanjutnya sebagai jawara Grup A.

Sayangnya, Indonesia harus puas finish sebagai runner-up di ajang tersebut setelah secara mengejutkan takluk 0-3 dari India di partai final.

Beberapa kemampuan yang dimiliki oleh Syabda adalah pukulan dropshot-nya yang mematikan. Pasalnya, kemampuannya di level junior sudah tak diragukan lagi.

Sampai saat ini, pebulu tangkis binaan PB Djarum itu menempati ranking 90 dunia versi Badminton World Federation (BWF).

Nama Lengkap: Syabda Perkasa Belawa

Tempat/tanggal lahir: Jakarta, 25 Agustus 2001

Pegangan tangan: Kanan

Tinggi badan: 170 cm

Peringkat BWF: 90

Klub: PB Djarum

Prestasi:

Juara World Junior Championships 2019 Kazan (Mixed Team)
Juara Jakarta Junior International 2019
Juara Lithuanian International 2022
Juara Malaysia International 2022
Juara Iran Fajr International 2023

Demikian ulasan dan informasi mengenai Syabda Perkasa Belawa, Pahlawan Indonesia di Piala Thomas 2022 yang Meninggal dunia hari ini.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here