Sunday, 28 April 2024
HomeBeritaRafael Alun Trisambodo Diperiksa KPK. Apa Hasilnya?

Rafael Alun Trisambodo Diperiksa KPK. Apa Hasilnya?

Bogordaily.net – Rafael Alun Trisambodo diperiksa hari ini, Rabu 1 Maret 2023, setelah kasusnya viral dan jadi perhatian publik karena kekayaannya yang fantastis.

Mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP) itu dimintai klarifikasi oleh tim Komisi Pemberantasan Korupsi () terkait harta kekayaannya yang mencapai Rp 56,1 miliar.

Artikel ini akan membahas tentang Rafael Alun Trisambodo, dan kasus yang sedang menimpanya, dan temuan terkait transaksi tak wajar yang dilakukan oleh Rafael Alun Trisambodo pada tahun 2012.

Siapa Rafael Alun Trisambodo?

Rafael Alun Trisambodo adalah mantan pejabat Direktorat Jenderal Pajak (DJP). Ia memiliki riwayat karir yang cukup cemerlang dan telah menjabat sebagai pejabat eselon III.

Rafael Alun Trisambodo tercatat memiliki kekayaan sebesar Rp 56,1 miliar, yang diduga tidak sesuai dengan profilnya yang hanya seorang aparatur sipil negara (ASN) eselon III.

Baca Juga: Rafael Alun Trisambodo Pejabat Pajak Ayah Mario Dandy Dicopot

Rafael Alun Trisambodo Diperiksa dan Dimintai Klarifikasi oleh

Rafael Alun Trisambodo dimintai klarifikasi oleh tim terkait sumber kekayaannya. menduga bahwa kekayaan Rafael Alun Trisambodo berasal dari sumber yang tidak sah.

Setelah menjalani pemeriksaan oleh , Rafael Alun Trisambodo enggan berkomentar terkait materi pemeriksaan, termasuk perusahaannya di Minahasa Utara, saat keluar dari gedung sekitar pukul 17.39 WIB.

Ayah Mario Dandy Satrio ini mengatakan sudah lelah setelah menjalani pemeriksaan sejak pagi. Dia telah memenuhi kewajibannya untuk memberikan klarifikasi terkait asal usul harta kekayaannya yang dilaporkan dalam LHKPN.

“Saya sudah sampaikan itu. Saya sudah lelah, dari pagi (diperiksa) tolong kasihan saya. Saya sudah lelah, saya sudah lelah,” kata Rafael saat keluar dari gedung Merah Putih , Rabu (1/3/2023)

Selain itu, dia juga kembali meminta maaf kepada keluarga David, remaja yang menjadi korban penganiayaan anaknya, Mario Dandy Satrio, dan keluarga besar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Gerakan Pemuda (GP) Ansor, dan Banser. Dia mendoakan agar David segera sembuh dan pulih.

“Jadi saya telah memenuhi kewajiban saya untuk memberikan klarifikasi atas undangan yang diberikan oleh kepada saya. Saya saat ini mendoakan untuk ananda D, supaya ananda D agar secara sembuh pulih kembali seperti sedia kala,”ujarnya.

Sebelumnya, harta suami Ernie Mieke Torondek ini menjadi sorotan publik setelah anaknya, Mario Dandy Satrio, diketahui memamerkan gaya hidup mewah di media sosial.

Meski hanya menjadi aparatur sipil negara (ASN) eselon III, Rafael tercatat memiliki kekayaan yang tak sesuai dengan profilnya dalam data LHKPN di situs resmi .

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) juga menemukan transaksi tak wajar pada tahun 2012 yang diduga dilakukan Rafael Alun Trisambodo, sehingga ia dipanggil KPK untuk dimintai klarifikasi terkait harta kekayaannya.

Demikian ulasan dan informasi mengenai Rafael Alun Trisambodo yang diperiksa KPK atas kekayaan dan pernyataannya setelah diperiksa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here