Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaRamah Lansia, Kemenag Libatkan Ahli Geriatri dalam Ibadah Haji 2023

Ramah Lansia, Kemenag Libatkan Ahli Geriatri dalam Ibadah Haji 2023

Bogordaily.net (Kemenag) melibatkan ahli geriatri dalam penyelenggaraan ibadah 1444 Hijriah/2023 Masehi. Hal ini mengingat dari total 203.320 kuota jemaah reguler, tercatat sebanyak 64 ribu di antaranya masuk kategori lansia.

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menekankan pentingnya mempersiapkan layanan terhadap jemaah calon secara matang, termasuk untuk jemaah lansia.

“Untuk soal lansia, wajib bertanya pada ahli geriatri. Jadi, kita akan libatkan ahli geriatri,” ujar Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dilansir ANTARA, Selasa, 14 Maret.

Pada penyelenggaraan tahun ini, Kemenag mengusung semangat ‘ Ramah Lansia'. Pasalnya, dari 203.320 kuota jemaah reguler, tercatat 64 ribu orang di antaranya masuk kategori lanjut usia.

Selain itu, penyelenggaraan 1444 H/2023 M juga kali pertama dilakukan dengan kuota normal, setelah dunia dilanda pandemi COVID-19. Oleh karena tu, Menag Yaqut menekankan pentingnya mempersiapkan layanan terhadap jamaah secara matang.

Menurut Gus Yaqut, konsultasi dengan para ahli menjadi bagian dari prinsip kehati-hatian. Pasalnya, kata dia, segala keputusan dan tindakan yang diambil harus dapat dipertanggungjawabkan.

Sehingga dengan melibatkan para ahli, penyelenggaraan ibadah 2023 ini bakal lebih transparan dan akuntabel

“Sekali lagi, hasil-hasil pertemuan dengan berbagai pihak kemarin harus ditindaklanjuti dengan sebuah desain besar pelaksanaan. Desain besar ini harus mencerminkan visi bersama memberikan pelayanan terbaik untuk jamaah haji,” kata dia.

Menag juga mengingatkan jajaran akan pentingnya inovasi dan perubahan cara berpikir dalam merespons setiap tantangan penyelenggaraan ibadah haji.

“Mereka yang tidak pernah mengubah cara berpikirnya, tidak akan mampu mengubah apa pun,” kata dia.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here