Friday, 3 May 2024
HomeKabupaten BogorSamisade Desa Tonjong Bermasalah, Dilimpahkan ke Inspektorat

Samisade Desa Tonjong Bermasalah, Dilimpahkan ke Inspektorat

Bogordaily.net  di Desa Tonjong terkait anggaran senilai Rp336 juta untuk pembangunan hingga kini belum menemukan titik terang. Kekinian, masalah tersebut dilimpahkan ke DPMD dan Inspektorat Kabupaten Bogor.

Camat , Fikri Ihsani mengatakan masalah soal anggaran pada program Satu Miliar Satu Desa atau di Desa Tonjong, Kecamatan , Kabupaten Bogor kini ditangani Dinas Pemberdayaan dan Desa (DPMD) serta Inspektorat Kabupaten Bogor.

“Kades Tonjong sudah dilimpahkan ke DPMD dan Inspektorat. Tim dari DPMD dan inspektorat sudah turun. Jadi kita tunggu nanti hasilnya seperti apa,” kata Camat , Fikri Ihsani saat ditemui di kantor Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bogor, Kamis, 9 Februari 2023.

Fikri menjelaskan Kepala Desa (Kades) Tonjong, Nur Hakim belum melaksanakan kegiatan tahap kedua hingga saat ini. Padahal, pihaknya telah melakukan pembinaan dan juga mekanisme teguran sejak Desember 2022 lalu.

“Keterangan dan informasi dari kepala desa selalu mengulur waktu sampai batas akhir waktu yang ditetapkan belum juga dilaksanakan. Kami sudah melakukan pembinaan berupa monitoring evaluasi,” jelas Fikri kepada Bogordaily.net.

Oleh karena itu, kata dia, mekanisme teguran sudah dilakukan maka secara otomatis pihak kecamatan melaporkan kepada DPMD Kabupaten Bogor. Saat ini, kata Fikri, tinggal menunggu hasil dari pemeriksaan DPMD dan Inspektorat.

“Pembinaan sudah kita lakukan, mekanisme teguran sudah dilakukan. Otomatis kita melaporkan kepada DPMD,” jelasnya.

Menurutnya, Nur Hakim selalu mengulur-ulur waktu proyeksi pembangunan jalan setelah, dana anggaran tahap kedua dicairkan.

Pelaksanaan betonisasi pada program tahap dua dengan anggaran Rp336 juta di wilayah Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor hingga menginjak bulan Maret 2023 belum terealisasikan.

“Yang pasti belum dilaksanakan. Belum direalisasikan tahap keduanya sampai saat ini,” tutupnya.

Baca Juga: Warga Desa Tonjong Tanam Pohon Pisang di Jalan Rusak, Buntut Uang Samisade Rp336 Juta

Sebelumnya diberitakan betonisasi jalan dalam program yang menelan anggaran Rp336 juta di Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor belum juga selesai.

Camat Tajurhalang Fikri Ihsani sudah melakukan teguran tetapi belum ada penyelesaian.

“Kami prihatin dengan Desa Tonjong, tahap dua ini belum selesai dilaksanakan, kita sudah melakukan sesuai mekanisme teguran pertama, kedua kemudian kami sudah undang klarifikasi semua unsur desa,” ujar Camat Tajurhalang Fikri Ihsani Selasa 21 Februari 2023 lalu.

“Alasannya kades meminta waktu untuk merealisasikan tahap dua, tapi sampai kapan waktu itu dan selalu ingkar, bahkan sampai sekarang tidak ada aksi di lapangan,” jelasnya.

Menurut dia, kondisi ini memang tergantung kepada karakter kepala desa. Dari total 7 desa di wilayahnya, sudah 6 desa menyelesaikan pembangunan menggunakan anggaran .

“Sudah 6 desa menyelesaikan tahap dua tepat waktu dan sesuai perencanaan, bahkan laporan pertanggungjawaban telah dilaporkan,” sambungnya.

Fikri menyebut hanya tinggal Desa Tonjong yang belum menyelesaikan. Kedepan kata dia, ini menjadi satu pembelajaran sebab anggaran APBD ini harus dipertanggungjawabkan.

Akibat jalan belum juga diperbaiki warga pun geram hingga melakukan aksi di jalan rusak Kampung Jati Desa Tonjong, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor.

Jalan rusak tersebut ditanami pohon pisang. Tak hanya itu jalan yang digenangi air juga diisi lele layaknya kolam ikan. (Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here