Friday, 29 March 2024
HomeOtomotifSelain Aki Soak, Ini Penyebab Lain Motor Susah Distarter

Selain Aki Soak, Ini Penyebab Lain Motor Susah Distarter

Bogordaily.net – Penyebab susah distarter terkadang suka membuat pemilik kendaraan bingung. Salah satunya mungkin aki Anda sudah soak. Namun, ternyata ada penyebab lain yang membuat sulit untuk di .

Teknologi semakin maju, produk sepeda motor pun ikut berinovasi demi memudahkan pemiliknya, seperti komponen elektrik starter. Ya, tinggal pencet, langsung nyala.

Namun, canggih bukan berarti abadi artinya tetap bisa mengalami kerusakan. Lalu, bagaimana bila tak kunjung menyala walaupun tombol starter sudah ditekan berkali-kali?

Biasanya akan kembali mudah distarter saat setelah servis, misalnya, penggantian aki baru. Namun tak jarang meski sudah diganti, hal ini tetap tak mengubah apapun. Beberapa potensi masalah lain adalah sebagai berikut.

1. Kotornya Starter Elektrik

Penyebab susah distarter padahal aki baru juga bisa disebabkan starter elektrik mengalami kotor. Pada bagian tombol starter kerak sangat mudah muncul karena sering terkena hujan, debu, dan kotoran lainnya.

Ketika starter terhambat oleh kotoran, maka alat tidak akan bekerja untuk menyalakan mesin. Tidak ada arus listrik yang terhubung dari starter elektrik sehingga membuat busi menyala.

Solusi yang bisa Anda lakukan sangatlah mudah yaitu membersihkan area starter listrik terlebih dahulu sebelum membongkar komponen lainnya. Kemudian coba kembali untuk menekan tombol starter, seharusnya sepeda bisa menyala kembali.

2. Masalah pada kabel dan soket

Hal ini mungkin saja jadi akarnya karena dalam sistem starter elektrik melibatkan banyak kabel dan soket. Pastikan semua kabel terpasang dengan benar sehingga arus listrik dapat mengalir dengan baik. Hal yang sama juga wajib dipastikan pada soketnya.

3. Dinamo

Mungkin jika motor masih susah distarter, masalahnya terletak pada dinamo starter-nya. Komponen ini secara langsung akan memutarkan flywheel sehingga mesin dapat dinyalakan. Ketika komponen ini rusak, maka perputaran tak akan sampai ke flywheel.

4. Tanda busi mulai lemah

Penyebab motor susah distarter selanjutnya adalah busi yang mulai melemah. Busi memiliki usia pakai tertentu, dan wajib dilakukan penggantian ketika sudah melewati batas usia pakainya.

5. Masalah switch rem

Hal ini terjadi pada motor-motor baru yang mengharuskan Anda mengangkat standar sebelum Anda bisa menjalankannya. Ketika standar sudah terangkat namun tetap tidak bisa distarter, maka Anda bisa memeriksa switch rem yang ada di motor Anda.

6. Kompresi Mengalami Kebocoran

Kebocoran kompresi adalah masalah yang seringkali timbul dan membuat motor tidak bisa menyala. Anda bisa melakukan pengecekan sendiri apakah benar kebocoran kompresi adalah penyebabnya.

Caranya adalah dengan melepaskan busi terlebih dahulu baru tutup lubang busi dengan ibu jari. Kemudian Anda bisa menyalakan kendaraan dengan kick starter dan apabila tekanan kaki terasa lemah atau los maka sudah dapat dipastikan terjadi kebocoran kompresi.

7. Sekring Putus

Sekring merupakan bagian dari komponen listrik yang berfungsi untuk menerima aliran listrik dari aki. Sekring memiliki kawat di dalamnya yang bisa saja putus apabila terjadi konsleting.

Sekring yang sudah putus akan membuat motor tidak bisa dinyalakan. Hal ini menyebabkan aliran listrik yang menuju starter elektrik tidak ada dan motor tak bisa dinyalakan.

8. Bendik rusak

Komponen bendik pada motor berperan sebagai pemicu aliran listrik, yang kemudian mengalir ke arah dinamo starter. Jika aliran ini lancar, maka motor akan menyala. Namun, jika bendik rusak, maka aliran listrik juga terhambat.

Itulah yang menjadi penyebab mengapa motor susah distarter.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here