Saturday, 27 April 2024
HomeBeritaSeperti Apa Al Ahsa? Oasis Kurma Terbesar di Dunia

Seperti Apa Al Ahsa? Oasis Kurma Terbesar di Dunia

Bogordaily.net – Menganal Al Ahsa, kurma yang masuk dalam Rekor Dunia Guinness sebagai yang di dunia. Dengan warisan budaya dan pohon kurma di dunia, situs ini bisa menjadi pilihan liburan bagi wisatawan pada musim panas.

Dalam berbagai riwayat disebutkan, kurma merupakan makanan yang dimakan Nabi Muhammad SAW ketika berbuka puasa.

Kurma adalah salah satu makanan pokok di dan sejumlah negara Timur Tengah lainnya.

Karena termasuk anjuran Nabi SAW, maka kurma menjadi bagian penting dari makanan umat Islam selama Ramadan untuk berbuka.

Di , terdapat sebuah bernama Al Ahsa yang menjadi tempat bagi tiga juta pohon kurma, dikutip dari Arab News. Dengan luas 30.000 hektar, Al Ahsa menjadi kurma di dunia.

Nama Al Ahsa merujuk pada nama daerah tempat kebun itu berada, yakni Al Ahsa yang terletak di daerah timur dan terdaftar sebagai Warisan Dunia UNESCO.

Kebun ini terkenal dengan kurma khalasah (dikenal di Arab Saudi dengan khlas) yang kerap disebut sebagai kurma terbaik di dunia.

Setiap tahunnya, Al Ahsa menyelenggarakan festival kurma di area seluas 3.600 meter persegi. Dalam festival tersebut, akan ditampilkan lembaga pemerintah dan perusahaan yang menanam serta menjual kurma.

Visi strategis dari festival ini adalah agar Al Ahsa menjadi titik fokus bagi industri kurma. Dengan begitu, kurma tak lagi hanya menjadi barang pertanian, tetapi juga produk khas untuk investasi, pariwisata, dan ekonomi.

Festival ini bertujuan untuk mengembangkan konsep pemasaran pertanian, kualitas produksi dan komunikasi antara petani dan pedagang. Pohon kurma (nakhl) dengan buahnya (tamr), disebut lebih banyak daripada tanaman penghasil buah lainnya dalam Al Quran.

Pohon kurma sekarang tumbuh secara luas di seluruh dunia. Ada sekitar 240 hingga 360 varietas, dengan rasa masing-masing sangat dipengaruhi oleh kondisi tanah dan cuaca di daerah tempat mereka tumbuh.

Kurma amir hajj, saidy, khadrawy, dan medjool adalah beberapa varietas terbaik yang terkenal dengan rasa yang kaya dan kualitas unggul. Sementara kurma Ajwah memiliki makna religius dan pengobatan tertentu, sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadis.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here