Tuesday, 23 April 2024
HomePolitikSurvei Indikator Politik: Elektabilitas Prabowo Naik

Survei Indikator Politik: Elektabilitas Prabowo Naik

Bogordaily.net–  kembali merilis hasil terkait Pemilu 2024. Tiga kandidat calon presiden (capres) yakni Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo masih bersaing ketat.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi mengatakan, berdasarkan simulasi 34 nama capres, Ganjar mendapatkan perolehan suara terbanyak dengan 30,8 persen. Kemudian disusul Prabowo dan Anies dengan suara sama yakni 21,7 persen.

Kemudian saat dikerucutkan hingga 10 nama, Ganjar juga masih meraih suara terbanyak dengan 30,7 suara. Peringkat kedua ada Prabowo yang memperoleh 22,5 persen dan Anies dengan 22,0 persen suara.

Baca Juga: Survei Elektabilitas Parpol Litbang Kompas, Siapa Teratas?

“Ini simulasi 10 nama jadi kita tes berbagai macam simulasi tidak banyak berubah polanya, sama gitu ya. Ganjar stagnan, Anies cenderung melemah, Pak Prabowo meningkat,” ujar Burhanuddin dalam konferensi pers virtual yang dikutip dari Suara.com, Minggu 26 Maret 2023.

Menurut Burhanuddin, hasil pada tiga nama teratas hasilnya, Ganjar masih menduduki peringkat pertama dengan 36,8 persen, lalu Prabowo dengan 27,0 persen, dan Anies dengan 26,8 persen suara.

Meski demikian, kata Burhanuddin, yang paling menarik adalah ketika simulasi head to head atau dua nama saja di antara tiga tokoh itu. Ketika Anies melawan Prabowo, hasilnya Anies kalah dengan 37,4 persen dan Prabowo 45 persen.

Sedangkan ketika Anies melawan Ganjar, Anies masih juga kalah dengan 37,6 persen berbanding 45,2 persen suara.

Di sisi lain, Prabowo malah mampu mengimbangi saat diadu melawan Ganjar dengan perolehan suara 40,9 persen. Sedangkan Ganjar mendapatkan suara 41,8 persen.

Menurutnya, elektabilitas Prabowo dalam ini menunjukan peningkatan sedangkan Anies dan Ganjar cenderung menurun dan stagnan.

“Prabowo dukungannya cenderung meningkat, Ganjar relatif stagnan dan Aniesterlihat ada pola penurunan, hingga simulasi head to head dua calon,” jelasnya.

Lembaga Indikator Politik Indonesia juga merilis hasil soal calon wakil presiden atua cawapres pilihan pada Pemilu 2024 mendatang.

Beberapa nama tokoh seperti Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Sandiaga Uno, hingga Erick Thohir menduduki peringkat atas.

Burhanuddin menjelaskan, berdasarkan simulasi 18 nama, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mendapatkan posisi pertama dengan 20,5 persen suara. Selanjutnya, ada Menteri Parekraf RI Sandiaga Uno yang meraup 14,2 persen.

Secara berurutan peringkat tiga sampai lima diisi oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono dengan 13,4 persen suara, Menteri Badan Usaha Milik Negara Erick Thohir dengan 12,9 persen suara, dan Gubernur Khofifah Indar Parawansa dengan 6,1 persen.

Jajak pendapat Indikator tersebut dilakukan dalam dua periode. dilakukan pada periode Februari dan Maret 2023. Pada periode pertama, dilakukan pada 9-16 Februari dengan 1.220 responden. Kedua, jajak pendapat berlangsung pada 12-18 Maret, menempatkan 800 responden.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here