Friday, 17 May 2024
HomeKabupaten BogorTembok Penahan Tanah di Perumahan Nings Residence Jebol, Dua Rumah Terkena Imbas

Tembok Penahan Tanah di Perumahan Nings Residence Jebol, Dua Rumah Terkena Imbas

Bogordaily.net – Hujan deras mengakibatkan Tembok Penahan Tanah (TPT) di Residence, Desa , Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor hingga mengakibatkan beberapa rumah mengalami kerusakan, Senin 20 Maret 2023.

Kasi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor, Muhammad Adam Hamdani mengatakan, dua unit rumah hancur. Saat ini, satu keluarga harus mengungsi akibat kejadian itu.

“Ada dua rumah yang terdampak. Yang pertama keluarga pak Beno dan yang kedua keluarga pak Hendi Nurman. Saat ini pak Beno sekeluarga harus mengungsi di tempat lain,” pungkas Muhammad Adam Hamdani saat dikonfirmasi.

Kemudian, dari penuturan warga setempat, Tegar Ferdianzah (23) mengatakan bahwa, tembok penahan tanah di Residence sudah dua kali .

“Longsor ini sudah dua kali terjadi,” pungkas Tegar saat memberikan keterangan kepada Bogordaily.net.

Ia menyebut, tidak ada korban jiwa dalam insiden longsor itu. Namun, kata dia, jalan ditutup sementara dan tidak bisa dilalui oleh kendaraan baik roda dua maupun empat.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa, tapi jalan ditutup sementara dan kendaraan ga bisa lewat,” papar dia.

Disamping itu, dari video yang didapatkan oleh Bogordaily.net berdurasi 1 menit, air berwarna cokelat bercucuran dari atas dengan derasnya hujan yang turun pada sore tadi. Dinding penahan tanah nampak hancur lembur berantakan.

“Ada musibah yang sangat dahsyat yaitu longsornya turap di Blok A RT.02, RW. 13, . Jadi mohon perhatiannya untuk masyarakat BIP agar berhati-hati,” ungkap salah seorang pria dalam rekaman video.

Sementara itu, dari rekaman video lainnya berdurasi 26 detik memperlihatkan, masyarakat tengah berbondong-bondong membersihkan jalan yang terkena longsoran dengan menggunakan pacul.

“Suasana saat ini, masyarakat setempat membersihkan jalan akibat longsor,” paparnya menguraikan suasana saat ini.*

(Mutia Dheza Cantika)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here