Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorTirta Pakuan Gerak Cepat Tangani Kebocoran Dua Pipa Besar di Cibalagung

Tirta Pakuan Gerak Cepat Tangani Kebocoran Dua Pipa Besar di Cibalagung

Bogordaily.net–  Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirta Pakuan Kota Bogor bergerak cepat menangani kebocoran pipa besar di Cibalagung, Jalan Aria Surialaga, Kecamatan Bogor Barat, .

Dua kebocoran pipa diameter 12 inch berhasil diperbaiki dengan meminimalisir dampak gangguan pelayanan kepada pelanggan di zona 3B.

Direktur Teknik (Dirtek) , Ardani Yusuf mengatakan, pihaknya langsung terjun ke lokasi untuk melakukan perbaikan dua kebocoran. Kebocoran di titik pertama bisa diselesaikan secara cepat. Namun untuk kebocoran di titik kedua diperlukan perbaikan selama dua hari.

Baca Juga: Tirta Pakuan Mulai Bangun Spam Cipinang Gading

“Dua titik kebocoran ini berdampak di wilayah pelayanan zona 3 B. Wilayah pelayanan saat ini sekitar Sindang Barang, Loji, Gunung Batu dan sekitarnya,” ujar Ardani kepada wartawan pada Minggu, 13 Maret 2023.

Menurut Ardani, satu titik bocor pada pipa PVC diameter 12 inch sudah selesai diperbaiki. Namun tim di lapangan cukup kesulitan melakukan perbaikan di titik kedua karena kebocoran berada di posisi bend atau tikungan pipa.

“Kami sudah mencoba menggunakan material gibolut, tetapi karena tekanan tinggi disebabkan aliran jalur ini menggunakan pompa sehingga kembali terjadi bocor pada Jumat 10 Maret 2023,” ungkapnya.

Untuk mengantisipasi kebocoran serupa, kata Ardani, pihaknya sempat akan mengganti dengan pipa HDPE, tetapi hal itu tentunya memerlukan waktu untuk menggantinya.

Agar tidak terlalu berdampak gangguan pelayanan ke pelanggan, lanjut Ardani pihaknya membuka dahulu aliran ke pelanggan secara normal, sambil tim melakukan pelebaran galian.

“Setelah selesai pelebaran galian sehingga terbuka secara keseluruhan, baru tim akan mengganti pipa dan menutup kembali galian,” jelasnya.

Selain itu, juga sudah menyiapkan armada mobil tangki apabila ada permintaan air dari masyarakat di wilayah yang terdampak.

“Saya meminta kepada masyarakat mohon dimengerti, karena ini cukup sulit dilakukan. Mohon doanya agar tim selalu diberikan kelancaran dalam bertugas memperbaiki kebocoran. Perbaikan dilakukan selama delapan jam, tapi tentunya sebelumnya aliran air ke pelanggan tidak dimatikan dahulu dan pelanggan diimbau untuk menampung air,” pungkasnya. (Ibnu Galansa)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here