Sunday, 12 May 2024
HomeKabupaten BogorTPU Cilebut Timur Didatangi Peziarah Jelang Ramadhan

TPU Cilebut Timur Didatangi Peziarah Jelang Ramadhan

Bogordaily.net–  Jelang datangnya bulan suci Ramadhan, masyarakat mulai datangi , Kecamatan Sukaraja, untuk .

Berdasarkan pantauan Bogordaily.net di Tempat Pemakaman Umum (TPU), Senin 20 Maret 2023 tampak beberapa masyarakat tengah berziarah dengan melantunan doa dan juga sholawat untuk mendoakan keluarga yang telah wafat.

Mereka juga tak lupa untuk menbawa berbagai karangan bunga dan juga air yang nantinya akan ditaburi ke area pemakaman. Terlihat juga beberapa petugas makam tengah membersihkan makam agar senantiasa terawat.

Baca Juga: Sapardi Djoko Damono Jadi Google Doodle Hari Ini

Salah satu peziarah, Aas mengatakan, ia dan keluarganya rutin melaksanakan kubur sebelum puasa atau nyekar untuk mendoakan salah satu keluarganya yang telah wafat.

“Karena mau bulan puasa kita nyekar ke makam, biasa bareng keluarga kalau ke sini buat ,” kata Aas kepada Bogordaily.net, Senin 20 Maret 2023.

Menurut dia, keluarganya akan kembali mengunjungi makam pada saat nanti lebaran. Dan ini sudah menjadi tradisi yang sering dilakukan setiap tahunya.

“Nanti paling ke sini lagi ramai sama keluarga pas lebaran, karena kan udah tradisi juga setiap abis lebaran,” jelasnya.

Sementara itu tradisi nyekar merupakan kegiatan yang dilakukan rutin dilakukan beberapa masyarakat sebelum melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Beberapa masyarakat berziarah ke makam keluarga maupun sanak saudara.

Adapun nyekar merupakan kegiatan , mendoakan orang tua, keluarga, atau sanak saudara yang telah wafat. Selain berdoa, peziarah juga datang membawa bunga melati, mawar, air mawar untuk ditaburkan ke tanah makam.

Tradisi ke makam sebelum puasa memiliki nama berbeda-beda di beberapa daerah. Namun, inti tradisinya serupa yakni berziarah ke makam keluarga maupun sanak saudara untuk mendoakan mereka yang telah tiada.

ke makam merupakan salah satu tradisi menjelang Ramadhan yang masih dilestarikan hingga saat ini. ke makam biasanya dilakukan pada akhir bulan Sya'ban dalam kalender Islam atau sehari sebelum Ramadhan. (Albin Pandita)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here