Wednesday, 24 April 2024
HomeKota BogorTPU Dreded Ramai Didatangi Penziarah Jelang Ramadan

TPU Dreded Ramai Didatangi Penziarah Jelang Ramadan

Bogordaily.net Bulan Ramadan 1444 Hijriah, biasanya masyarakat mulai mendatangi tempat pemakaman untuk berziarah, salah satunya Tempat Pemakaman Umum (TPU) Dreded di Jalan Pahlawan I, Kelurahan Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor pada Rabu 22 Maret 2023.

Tradisi ini dilakukan secara turun menurun untuk dapat berkumpul bersama keluarga dan mendoakan keluarga yang telah wafat.

Ziarah ke makam kerap dilakukan warga Bogor untuk mendatangi tempat kuburan orang tua atau keluarga terdekat, tradisi turun menurun ini dirawat oleh masyarakat Kota Bogor khususnya beragama muslim.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Ratusan Orang Ziarah ke TPU Cirimekar

, puluhan penziarah berdatangan dari berbagai daerah dan kurun waktu sepekan sebelum Ramadan. Selain berdoa, aktifitas penziarah adalah membersihkan makam dan menaburkan bunga.

Penziarah asal Kota Bogor, Iwan Setiawan menuturkan, dia datang ke makam untuk mendoakan orang tua dan sanak saudara yang telah wafat.

“Saya datang ke makan belum ramadan untuk mengikuti tradisi orang tua dulu disaat Ramadan mereka sering berziarah,” katanya.

Sementara itu, Kholijah yang datang bersama keluarga juga berziarah ke makam. Dia mendoakan keluarga yang sudah wafat agar di ampuni dosa-dosa nya.

“Setelah berziarah ke makam, nanti saat puasa kita sudah fokus menjalan ibadah puasa. Kemudian disaat hari kemenangan (Idul Fitri) baru nanti kita datang ke makam kembali untuk berdoa,” ucapnya.

Sebagai informasi, Kementerian Agama menggelar sidang isbat 1 Ramadan di Gedung Kemenag, Jakarta Pusat. Setelah melakukan sidang isbat, Kemenag menetapkan 1 Ramadan jatuh pada hari Kamis 23 Maret 2023. (Ibnu Galansa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here