Saturday, 20 April 2024
HomeViralViral Petani Bunga Edelweis Ngamuk Tanamannya Dirusak Peserta Motor Trail

Viral Petani Bunga Edelweis Ngamuk Tanamannya Dirusak Peserta Motor Trail

Bogordaily.net – Belum lama ini, di media sosial seorang petani Rawa akibat tanamananya dirusak oleh ratusan peserta offroad motor trail di Ranca Upas, Bandung.

Video petani ini memperlihatkan rombongan komunitas motor trail yang menerabas taman bunga edelweiss di kawasan Ranca Upas, Ciwidey, Kabupaten Bandung.

Lahan yang awalnya hijau karena penuh dengan tanaman itu berubah menjadi kubangan lumpur akibat tergilas putaran roda peserta offroad motor trail.

Hal ini dapat dilihat dari salah satu video seorang petani edelweiss bernama mang Uprit yang tak kuasa menahan emosinya.

Video ini diunggah di akun TikTok @mang_uprit_msmprang79.

“Untuk panitia acara event trail, khususnya untuk orang perhutani yang memberi izin terkait acara tersebut, lihat nih dampak ya seperti ini, lihat sama mata Anda hancur ga,” ucap mang Uprit dengan nada yang tinggi.

Ironisnya bunga edelweiss sendiri merupakan bunga langka yang hanya terdapat di dua lokasi di seluruh dunia. Untuk menumbuhkan bunga ini lagi pun membutuhkan waktu yang lama.

“Menghijaukan lokasi ini juga kapan mau hijau lagi, lama, butuh waktu, anda pure-nya hanya ke bisnis, tidak peduli lingkungan,” tegasnya.

Usai video ini , banyak pihak yang mengunjungi lokasi dan menanam kembali yang telah rusak.

Sebelumnya, acara terkait juga di media sosial usai aksi pengendara motor trail yang membakar kendaraan bermotor lantaran tidak puas dengan panitia karena dianggap tidak profesional.

Lebih parah dari ketidakpuasan peserta, event tersebut kini tidak sekedar merusak melainkan juga menghancurkan bunga edelweis di kawasan itu.

Panitia acara disebut-sebut sebagai pihak yang paling bertanggung jawab dalam peristiwa ini karena tidak memberikan penjelasan yang jelas hingga membuat para pengendara masuk ke area penanaman bunga edelweis.

Tiga unit sepeda motor yang diduga merupakan hadiah event dibakar. Kerusakan alam yang disebabkan oleh event ini juga diperkirakan mencapai puluhan juta rupiah.

Terlebih, trek terkait merupakan lahan budidaya bunga milik warga yang cukup sulit dikembangkan. Berdasarkan informasi terkini, panitia sudah menyampaikan permintaan maaf meski tidak menjelaskan adanya ganti rugi.

Kabar baiknya, saat ini kebun edelweis tersebut sedang dalam masa pemulihan. Terlihat dari akun Instagram @cikolejayagiri_resort, berbagai upaya sedang dilakukan oleh berbagai pihak untuk kembali menghijaukan lahan ini.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here