Thursday, 25 April 2024
HomeHiburanWajib Tau, Ini 7 Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email yang Benar

Wajib Tau, Ini 7 Cara Mengirim Lamaran Kerja Via Email yang Benar

Bogordaily.net – Cara mengirim lamaran kerja lewat yang baik dan benar. Seperti proses melamar kerja pada umumnya, terdapat beberapa hal yang diperlukan dalam melamar kerja via .

atau yang biasa disebut surat elektronik (surel) merupakan salah satu media komunikasi yang sudah ada sejak lama. Kemunculan pada zaman dahulu memiliki tujuan sebagai media komunikasi yang memberikan kemudahan.

Berikut ini adalah panduan lengkap bagaimana mengirim lamaran kerja lewat yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

7 Cara Mengirim Lamaran Kerja Lewat

1. Gunakan alamat profesional

Pastikan Anda menggunakan alamat profesional untuk mencerminkan keseriusan Anda dalam melamar pekerjaan via . Hindari menggunakan alamat yang berisi kata-kata kurang sopan atau nama panggilan.

Sebaiknya, Anda menggunakan alamat email yang mengandung nama lengkap dengan format namadepan(dot)namabelakang(at)email(dot)com, seperti [email protected].

2. File Berkas Lamaran Tidak Lebih dari 1 MB

Ketika mengirim lamaran melalui email, pastikan file berkas lamaran kamu tidak lebih dari 1 MB ukurannya. Kenapa ukuran maksimal adalah 1 MB? Hal tersebut berhubungan dengan kemudahan dari HRD untuk mengunduh file lamaran kamu. Jika file berkas lamaran kamu dalam ukuran besar, hal tersebut akan menyita waktu HRD ketika akan mengunduhnya.

Terlebih, file kurang dari 1 MB sangat mudah untuk diunduh, tidak menghabiskan banyak kuota.

3. Jangan mengirim berkas lamaran dalam format zip/rar

Pengiriman file lamaran dalam bentuk zip/rar dapat menambah pekerjaan HRD, karena harus meng extract file zip/rar tersebut. Selain buang waktu dan tidak efisien, bisa saja HRD malas untuk membuka file bentuk ini dan hanya menskip lamaran kamu. Hati-hati kalah sebelum perang.

4. Lampirkan dalam bentuk PDF

Dalam pengiriman file lamaran pekerjaan, bentuk file yang paling ideal adalah bentuk PDF. Disebut bentuk file paling ideal karena file jenis ini hampir dapat dibuka dan diakses di semua device.

Kalau disimpan di bentuk microsoft word, belum tentu kantor HRD memiliki microsoft word. Bisa saja kantor menggunakan Linux karena open source (gratis)

5. Penamaan berkas harus jelas

Penamaan berkas juga merupakan salah satu hal yang harus diperhatikan dengan seksama. Sebaiknya penamaan berkas ditulis dengan nama pelamar dan isi dari berkas tersebut.
Format ideal adalah : tipe berkas_nama kamu

contoh: CV Ananda, Surat Lamaran Ananda, (Jangan CV Fix)

6. Pastikan subject email sesuai dengan ketentuan

Subject email merupakan bagian yang tidak boleh kosong. Kadang perusahan menentukan subject email, tetapi jika tidak ada ketentuan, subject email umumnya ditulis dengan nama posisi dan waktu lamaran dibuka.

7. Badan email jangan sampai kosong

Badan email merupakan bagian email di mana pesan ditulis. Di sini kamu bisa menjelaskan sedikit mengenai perkenalan diri, maksud, dan lampiran yang kamu sertakan.

Demikianlah tadi cara mengirim lamaran kerja lewat email yang baik dan benar. (*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here