Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaWaspada Kanker Payudara Pada Pria, Ini Kata dr. Donny Spesialis Bedah RS...

Waspada Kanker Payudara Pada Pria, Ini Kata dr. Donny Spesialis Bedah RS Murni Teguh Ciledug

Bogordaily.net banyak terjadi pada wanita, tetapi ternyata juga bisa menyerang pria. Menurut Dokter spesialis bedah , Dr. Donny Valensius Susanto, Sp.B walaupun jarang terjadi, tetapi tidak bisa dianggap remeh.

Penting untuk mengetahui ciri-ciri dari tumor payudara dan secepatnya melakukan pemeriksaan ke dokter jika menemukan tanda kanker atau tumor pada payudara kepada pria.

“Kalau pada pria, itu kita bilangnya bukan tumor payudara tapi kita bilangnya ada pertumbuhan jaringan payudara yang tidak normal di payudara laki-laki. Bahasa kedokterannya kita sebut itu
ginekomastia. Jadi, ada pertumbuhan tidak normal dari jaringan payudara di pria,” kata Dr Donny Valensius Susanto, Sp.B kepada Bogordaily.net, Sabtu 18 Maret 2023.

Tanda-tanda Kanker atau Tumor Payudara Khususnya Kepada Pria

Walaupun bentuk payudara pria tidak sama seperti wanita, tetapi pria tetap memiliki resiko mengalami . Sama seperti tumor payudara pada wanita, pada laki-laki memang ada gejalanya yang sering dijumpai adalah benjolan.

“Jadi, laki-laki saat meraba bagian dadanya ada benjolan yang keras dan tidak sama dengan jaringan di sekitarnya. Atau gejala lainnya ada nyeri di daerah payudara nya laki-laki,” jelasnya.

Baca Juga: Jadwal Dokter Spesialis Ortopedi & Traumatologi di RS Murni Teguh Ciledug

Kebanyakan, kata dr. Donny, kasus pada pria baru diketahui pada tahap yang sudah lanjut. Hal ini disebabkan karena banyak pria yang tidak tahu mengenai ciri-ciri pada tubuhnya.

Beberapa pria juga mendiamkan dan tidak segera menemui dokter ketika terdapat gejala, seperti adanya benjolan pada payudara.

Dr. Donny menyarankan, ketika pria sudah mengetahui adanya benjolan (tumor) di payudara dan merasakan aneh pada bagian payudara nya (benjolan atau nyeri) langkah selanjutnya adalah segera konsultasikan ke rumah sakit atau dokter bedah.

“Di sana, nanti akan diperiksa terlebih dahulu. Jika ada kecurigaan ke arah tumor maka kita akan melakukan pemeriksaan lanjutan seperti USG,” ucapnya.

Khususnya pelayan yang berada di Rumah Sakit Murni Teguh Ciledug sangat bisa melayani pasien yang mengalami tumor payudara pada pria.

Datang saja ke poli bedah , nanti pasien diperiksa terlebih dahulu kemudian ditambah pemeriksaan penunjang.

Jika pasien sudah diperiksa dan mengarah ke tumor, nanti akan segera melakukan operasi pengambilan tumor tersebut dan diperiksakan ke dokter anatomi. Apakah benar itu jaringan payudara yang tidak normal.

“Saya dokter spesialis bedah sering mengobati benjolan pada laki-laki di bagian payudara dan dilakukan operasi,” paparnya.

Untuk itu, dr. Donny menganjurkan bagi masyarakat jangan takut, jangan malu, untuk memeriksakan kesehatan anda. Karena, tumor payudara itu bisa disembuhkan.

“Jadi, semakin cepat terdeteksi maka kedepannya pasti lebih baik dibandingkan kalau terlambat pemeriksaannya,” katanya.

Ibnu Galansa

Caption : Dokter spesialis bedah , Dr. Donny Valensius Susanto, Sp.B. (Ibnu/bogordaily.net)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here