Tuesday, 30 April 2024
HomeTravelling148.000 Personel Siap Upayakan Mudik Lebaran Aman dan Nyaman 

148.000 Personel Siap Upayakan Mudik Lebaran Aman dan Nyaman 

Bogordaily.net – Ratusan ribu personel kepolisian akan tergabung dalam akan menciptakan mudik lebaran aman dan berkesan mulai 17 April 2023.

“Hasil kemarin 148.000-an yang kita turunkan,” ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Jum'at, 15 Apri 2023.

Menurut Kapolri, persiapan pun terus dimatangkan dengan berkoordinasi bersama stakeholder terkait lainnya.

Kapolri membeberkan, dirinya telah memberikan arahan agar evaluasi sebelumnya benar-benar dilakukan agar persiapan tahun ini dimatangkan. Dengan demikian, segala kemacetan yang mungkin terjadi dapat diurai dengan baik.

“Saya arahkan ke seluruh anggota untuk betul-betul bisa melakukan evaluasi, sehingga pada saat pelaksanaannya nanti semuanya bisa diantisipasi,” jelas Kapolri.

Hadirkan 919 Pospam

Sebelumnya, ada sebanyak 919 pos pengamanan () dan 325 pos pelayanan (posyan) yang disebar di Jawa dan Sumatera, guna lebaran aman dan nyaman.

Kadiv Humas , Irjen Pol Sandi Nugroho mengatakan  dan Posyan ini untuk menunjang kegiatan , yang dilakukan masyarakat agar tetap dalam kondisi aman dan nyaman serta sehat selama perjalanan.

Baca juga : Kapolresta Bogor Kota Lepas Rombongan Mudik Gratis

“Kita harap masyarakat yang akan mempersiapkan segalanya, terutama kesehatan jasmani dan juga kesehatan kendaraan. Sehingga selamat sampai di kampung halaman,” ungkap Sandi Nugroho, Minggu, 2 April 2023 lalu.

Menurutnya, untuk di trans Jawa, Polda Banten menyiapkan 16  dan 4 Posyan, sedangkan untuk Polda Metro Jaya terdapat 76  dan 16 Posyan.

Lalu, Polda Jawa Barat menyiapkan 227  dan 6 Posyan, serta Polda Jawa Timur terdapat 160  dan 55 Posyan.

Terakhir, di Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyiapkan 16  dan 6 Posyan.

Berdasarkan perkiraan pemerintah, jumlah pemudik pada Hari Raya Idul Fitri atau  2023 diprediksi akan mencapai 123,8 juta orang.

Diketahui, jumlah tersebut meningkat 14,2 persen dari tahun sebelumnya sebanyak 85,5 juta.**

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here