Saturday, 27 April 2024
HomeTravelling5 Daftar Masjid Tertua di Kota Bogor, Pas Dijadikan Wisata Religi

5 Daftar Masjid Tertua di Kota Bogor, Pas Dijadikan Wisata Religi

Bogordaily.net – Berikut ini adalah beberapa masjid tertua di Kota . Keberadaan masjid di Indonesia menjadi salah satu hal yang menarik untuk dikulik.

menjadi salah satu kota yang mempunyai sejarah panjang dari peradaban umat manusia. Kawasan dahulunya merupakan wilayah kawasan kerajaan.

Terdapat bangunan-bangunan bersejarah yang terdapat di . Salah satunya yaitu masjid.

Saat ini, masjid di Kota tak hanya berfungsi sebagai tempat ibadah umat Islam, tetapi juga berfungsi sebagai aktivitas sosial hingga wisata religi.

Berikut daftar beberapa masjid tertua di Kota

Masjid Agung

Bergaya tradisioanal Jawa, Masjid Agung berdiri pada tahun 1673 oleh Pangeran Raja Kecik, seorang keturunan dari Banten. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Sanggabuana karena lokasinya yang berada di dekat pertemuan tiga sungai besar di yaitu Sungai Ciliwung, Sungai Cisadane, dan Sungai Ciawi.

Masjid Al Irsyad

Dibangun pada tahun 1893 oleh Kiai Haji Muhammad Adnan, seorang ulama dari Cirebon yang datang ke pada saat itu. Masjid ini terletak di Jalan Pajajaran, dan memiliki arsitektur bergaya Melayu dengan atap berbentuk genteng dan ornamen khas Melayu.

Masjid Al Huda

Didesain dengan model bagunan masjid di Arab, Masjid Al Huda dibangun pada tahun 1913 oleh sekelompok pedagang Arab di Bogor. Masjid ini terletak di Jalan Suryakencana, Bogor.

Masjid Jami Nurul

Bergaya Jawa dengan atap berbentuk limas dan ornamen khas Jawa, masjid Jami Nurul Huda dibangun pada tahun 1930 oleh sekelompok masyarakat Muslim di kawasan Kampung Dukuh, Bogor.

Masjid Al Firdaus

Masjid Al Firdaus dibangun pada tahun 1950 oleh Haji Abul Kalam Azad, seorang ulama India yang tinggal di Bogor. Berada di Jalan Ahmad Yani, Bogor. Bangunan ini bergaya Timur Tengah dengan kubah dan menara.

Itulah beberapa masjid tertua di Kota Bogor beserta sejarahnya. Semoga informasi ini bermanfaat.(*)

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here