Sunday, 5 May 2024
HomeTravelling7 Daftar Museum di Bogor yang Bisa Kamu Kunjungi

7 Daftar Museum di Bogor yang Bisa Kamu Kunjungi

Bogordaily.net – Bogor memiliki sejumlah tempat bersejarah salah satunya . Bagi kamu yang ingin mengunjungi di Bogor berikut daftar tempat yang bisa jadi pilihan wisata edukasi.

Terdapat beberapa di Bogor. Di antara musem tersebut, ada yang cukup populer. Apa saja? Dirangkum dari berbagai sumber, berikut daftarnya:

Zoologi

Zoologi terletak di Jalan Ir. H. Juanda No. 9 Kota Bogor. Lokasinya tak jauh dari Kebun Raya Bogor. Di ini terdapat  koleksi yang berkaitan dengan dunia satwa yang diawetkan serta fosil hewan.

PETA

Selanjutnya ada Pembela Tanah Air atau Museum PETA. Lokasinya berada di Jalan Jenderal Sudirman, Kota Bogor. Museum ini didirikan untuk memberi penghargaan kepada mantan tentara PETA atas jasanya selama ini. Tak hanya itu, museum ini juga memberi gambaran tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Museum Tanah dan Pertanian

Museum berikutnya adalah Museum Tanah dan Pertanian. Lokasinya di Jalan Ir. H. Juanda No. 98, Kelurahan Gudang, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Museum ini memberikan berbagai informasi tentang segala sesuatu yang berkaitan dengan tanah. Ada pula sampel tanah dari berbagai daerah di Indonesia.

Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia

Selanjutnya Museum Nasional Sejarah Alam Indonesia atau MUNASAIN. Museum ini dulunya bernama Museum Etnobotani Indonesia. Lokasinya berada Jalan lr. H. Juanda No.22-24, Kota Bogor. Di dalamnya terdapat berbagai informasi seputar sejarah. Misalnya tentang perabadaban manusia pada zaman pra sejarah. Pengunjung akan diajak mengenal tentang alam serta ikatannya dengan manusia. Di dalamnya terdapat pula berbagai koleksi dan penjelasan tentang tumbuhan dengan etnografi di wilayah Indonesia.

Bagi kamu yang ingin mengetahui koleksi benda-benda bersejarah bisa mengunjungi . Letaknya di Jalan Merdeka No.56, Ciwaringin, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor. Selain itu ada pula cerita-cerita perjuangan para pahlawan khususnya di Bogor.

Museum ini didirikan untuk mewariskan semangat dan jiwa juang serta nilai-nilai 45 kepada generasi yang sekarang dan yang akan datang. Tak hanya itu, museum ini untuk melestarikan dan menyimpan benda-benda bersejarah yang terlibat langsung dalam revolusi fisik perang kemerdekaan RI.

Museum Balai Kirti

Lalu ada Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti. Museum ini berada di dalam Kompleks Istana Kepresidenan Bogor yakni di Jalan Ir. Juanda Nomor 1, Kota Bogor. Museum dibangun khusus untuk menampilkan kisah sejarah pemerintahan para presiden Indonesia. Kala itu dibangun dan dicetuskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2012.

Museum Pasir Angin

Tak hanya di Kota Bogor, wilayah Kabupaten Bogor juga memiliki sejumlah museum. Salah satunya Museun Pasir Angin yang berlokasi di Desa Cemplang, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Museum Pasir Angin merupakan kompleks situs prasejarah. Situs ini ditemukan tahun 1957. Kemudian pada tahun 1971-1975 dilakukan eskavasi oleh Pusat Penelitian Arkeologi Nasional. Hingga pada tahun 1976 dibangun situs Museum di Pasir Angin.

Demikian informasi seputar museum di Bogor yang bisa kamu kunjungi untuk menambah pengetahuan atau wisata edukasi. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here