Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaApril Mop Itu Apa? Ini Sejarah dan Asal Usulnya

April Mop Itu Apa? Ini Sejarah dan Asal Usulnya

Bogordaily.net–  biasa dirayakan setiap tanggal 1 April. adalah tradisi atau perayaan setiap 1 April dengan cara berbohong untuk membuat lelucon. Dari lelucon itu akhirnya mengundang tawa lalu mengatakan “”.

juga disebut April Fool's Day menjadi momen orang-orang membuat prank, tipuan, lelucon, kebohongan kepada teman, keluarga, kerabat. Hal ini telah dilakukan selama berabad-abad lamanya di berbagai belahan dunia. Berikut dan asal usul di berbagai negara.

Melansir YourSay.id dari situs History dan Days of the Year, berikut asal usul momen yang dirayakan setiap tanggal 1 April tersebut.

Dimulai Tahun 1582

Terdapat beberapa versi tentang dan asal usul April Fool's Day di berbagai negara. Beberapa sejarawan menyebut dimulai sekitar tahun 1582. Saat itu negara Perancis beralih dari kalender Julian ke kalender Gregorian sesuai permintaan Dewan Trent pada tahun 1563. Layaknya kalender Hindu, kalender Julian memulai tahun baru dengan titik balik musim semi yaitu sekitar tanggal 1 April.

Orang-orang yang telat mendapatkan berita serta gagal menyadari bahwa awal tahun baru telah pindah ke tanggal 1 Januari, tetapi terus merayakan di minggu-minggu terakhir bulan Maret hingga tanggal 1 April menjadi sasaran lelucon dan kebohongan yang disebut April Fool's Day.

Lelucon itu berlanjut dengan menempatkan sebuah ikan kertas yang ditempelkan pada punggung mereka yang disebut sebagai “poisson d'avril” (ikan April). Ini menjadi perumpamaan sebagai ikan muda yang sangat mudah ditangkap dan orang yang mudah sekali tertipu.

Di sisi lain, sejarawan juga mengaitkan momen tersebut dengan festival seperti Hilaria (bahasa Latin yang artinya kegembiraan) yang perayaannya dilakukan oleh pengikut kultus Cybele pada akhir Maret di Roma Kuno.

Dalam perayaannya, orang-orang menyamar dan saling mengejak di antara sesamanya. Bahkan hakim menyebut bahwa hal itu terinspirasi oleh legenda Mesir tentang Isis, Osiris dan Seth.

April Fool's Day mulai menyebar ke seluruh daratan Inggris selama abad ke-18. Di Skotlandia, tradisi ini dirayakan dua hari. Diawali dengan “berburu gowk”. Berburu Gwok menjadi momen saat orang dikirim untuk tugas palsu. Gowk adalah kata untuk burung kukuk dan simbol untuk orang bodoh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here