Saturday, 4 May 2024
HomeKabupaten BogorCapai Target Polio, Puskesmas Cicangkal Sweeping secara Door to Door

Capai Target Polio, Puskesmas Cicangkal Sweeping secara Door to Door

Bogordaily.net – Hari ketiga Sub Pekan Nasional (PIN) , Puskesmas Cicangkal di kantor Desa Sukamulya, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor gencar lakukan imuniasi kepada 5.950 anak balita, Senin 10 April 2023.

Hal ini gencar dilakukan jelang arus mudik lebaran tahun 2023, serta pencegahan kasus .

Kepala Puskesmas Cicangkal Tatik Yuniarti mengatakan, vaksin ini untuk penanganan pencegahan terjadinya kasus di wilayah khususnya terhadap anak.

“Penyakit bersifat permanen, dan lebih baik mencegah dari pada mengobati. Pada Sub PIN pertama diharapkan seluruh anak di wilayah Cicangkal dan Jawa Barat, mengikuti putaran pertama,” kata Tatik.

5.950 Balita Divaksin

Dia juga optimis dalam pencapaian target sebanyak 5.950 balita, di hari ketiga sub PIN Polio telah mencapai sasarannya sebanyak 34,7 persen anak.

“Alhamdulilah untuk vaksinasi polio masyarakat sangat menyambut baik, karena bukan disuntikan tapi diteteskan sehingga animo yang datang cukup tinggi,” kata dia.

Tatik menambahkan polio, tidak hanya dilakukan di posyandu tapi keliling ke rumah warga oleh petugas Puskesmas Cicangkal guna mencapai target vaksin polio.

Baca juga : Mudik Pakai Mobil Dinas, Pemkab Bogor Tunggu Pemerintah Pusat Terkait ASN

“Kenapa kami melakukan sweeping polio di putaran pertama ini karena di daerah Puwakarta pada 1 maret ditemukan satu kasus, anak yang terdeteksi polio,” jelasnya.

Menurutnya, berdasarkan saran dari WHO virus menular polio sangat cepat dan untuk antisipasi sehingga agar di lakukannya vaksinasi serentak di wilayah Jawa Barat.

“Vaksin polio untuk pencegahan agar tidak mewabah pada pergerakan masyarakat saat mudik idul fitri, jangan sampai ketika arus balik mudik mereka membawa virus tersebut,” katanya. (Ruslan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here