Thursday, 25 April 2024
HomeBeritaCara Ikut Program Balik Mudik Lebaran Gratis, yu Simak!

Cara Ikut Program Balik Mudik Lebaran Gratis, yu Simak!

Bogordaily.net – Begini cara ikut program gratis dari Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo, yuk simak!

Program balik gratis untuk para pemudik yang pulang ke kampung halamannya saat Lebaran 2023.

Sigit mengatakan, kepada para pemudik yang ingin balik dalam program gratis, bisa melaporkan kepada Polres setempat di kampung halamannya.

“Kita siapkan juga kalau memang nanti memang masyarakat yang ingin kegiatan baliknya juga ada kegiatan gratis,” ujar Sigit dalam sambutannya di Monas, Selasa, 18 April 2023.

Cara Balik Gratis

Baca juga : Pemula Simak, Ini Tips Berkendara Motor yang Baik dan Benar

“Nanti bisa melapor ke Polres setempat untuk kemudian didatakan dan akan disiapkan untuk program balik gratis,” sambungnya.

Lebih lanjut, Sigit menyampaikan survei dari Kementerian Perhubungan bahwa tahun ini jumlah pemudik mengalami peningkatan sebesar 44,8 persen dari tahun lalu.

“Dari hasil survei yang terlihat ada peningkatan 44,8 persen dari 85 menjadi 123 juta, di mana tujuan perjalanan terbanyak wilayah Jawa Tengah mendekati prioritas pertama 26,45 persen, Jatim kedua, Jawa Barat ketiga, Jabodetabek keempat, dan DIY,” jelasnya.

Demikian cara ikut balik gratis yang bisa diikuti.

Apa itu ?

Lebaran merupakan tradisi yang dilakukan oleh masyarakat Indonesia saat perayaan Hari Raya Idul Fitri.

Kegiatan ini mengacu pada perjalanan pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi dengan keluarga dan teman-teman di daerah asal.

Biasanya, perjalanan dilakukan dengan kendaraan pribadi atau menggunakan transportasi umum seperti kereta api, bus, atau kapal laut.

Lebaran menjadi momen yang sangat dinantikan oleh banyak orang karena selain bertemu dengan keluarga, juga untuk merasakan atmosfer kampung halaman dan menikmati makanan khas yang hanya tersedia di daerah tersebut.

Namun, dalam beberapa tahun terakhir, pemerintah Indonesia membatasi perjalanan selama masa pandemi COVID-19 demi menghindari penyebaran virus.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here