Saturday, 27 April 2024
HomeNasionalICMI Dorong Semangat Ulul Albab di Tengah Perubahan Dunia

ICMI Dorong Semangat Ulul Albab di Tengah Perubahan Dunia

Bogordaily.net – Ikatan Cendekiawan Indonesia (ICMI) mendorong para cendekiawan dan dai menjadi pembelajar dengan spirit guna menebar manfaat untuk perubahan yang lebih baik di dunia.

Ketua ICMI Arif Satria menyebutkan bahwa, kehidupan saat ini dihadapkan pada tantangan besar di era perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Hal itu diungkapkan dalam acara peringatan Nuzulul Quran di Masjid Istiqlal, Sabtu, 8 April 2023.

4

Dia menyebutkan ada 4 jenis perubahan yang dihadapi oleh umat manusia saat ini:

  1. Perubahan iklim yang berdampak besar dan nyata khususnya pada aspek lingkungan
  2. Revolusi industri 4.0 yang menuntut manusia untuk merespon segala sesuatu dengan lebih cepat
  3. Pandemi Covid-19 yang baru saja berlalu namun telah mengubah tatanan kehidupan
  4. Masalah geopolitik Rusia-Ukraina yang telah mengganggu rantai pasok pangan dunia sehingga membawa kepada ancaman krisis pangan global.

Dengan membawa spirit , yakni orang dengan kesempurnaan akal dan kecerdasan yang digunakan untuk memahami, merenungi, dan meneliti sesuatu dengan hakikat keagungan Tuhan, dan melakukan introspeksi sehingga diharapkan membawa kebaikan, baik bagi alam maupun sosial.

Dia mencontohkan hal sederhana, seseorang dengan semangat dapat memaknai dan mentadzaburi ancaman krisis pangan dunia.

Seperti menghindari berlebih-lebihan ataupun membuang-buang makanan. Mengingat saat ini dunia dihadapkan pada persoalan Food Loss and Waste yang serius.

adalah sosok yang memahami fenomena-fenomena alam dan sosial yang terjadi, dan menjadikannya pembelajaran. Sebagai bangsa besar, bangsa Indonesia, tentu spirit ini spirit yang harus kita dorong sebagai seorang agile learner,” ujarnya.

Baca juga : BEM KBM STAI Al Hidayah Bogor Gelar Targhib Ramadan dan Santunan Anak Yatim

Dia menegaskan bahwa ilmu merupakan kombinasi antara akal dan hati. Di sinilah kebajikan, fondasi spiritualitas, bagi para pembelajar dalam menjalankan fungsi inovasi dan teknologi menjadi sangat penting.

“Sehingga siapa , adalah orang yang berpikir dan juga berzikir kepada Allah. Jadi kombinasi fiqih dan zikir ini menjadi keniscayaan buat kita,” ujarnya.

Dalam konteks masa kini, lanjutnya, seseorang dengan semangat juga perlu berpegang pada dua hal, yakni learning agility atau kecepatan belajar serta orientasi pada masa depan (future practice), alih-alih sekadar best practice.

“Karena selama ini kita fokus pada best practice maka itu menjadikan kita sebagai follower. Tetapi kalau kita fokus pada future practice, kita akan menjadi leader. Kita harus mampu melakukan perubahan, harus menjadi pemimpin perubahan. Bukan penonton perubahan, apalagi penentang perubahan,” paparnya.

Lebih lanjut, dia menyebutkan bahwa sering disebut-sebut di dalam Al Quran. Bahkan, Al Quran surat Al Mujadalah ayat 11 menyebutkan bahwa Allah meningkatkan orang yang beriman di antara kamu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan berapa derajat.

“Oleh karena itu, ICMI berusaha untuk terus menyajikan inspirasi-inspirasi bagaimana bahwa Islam adalah agama yang memiliki nilai-nilai kemajuan dan kebaikan yang bersumber dari Al-Quran, yang bisa kita hadirkan dan kita aktualisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari,” tutupnya.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi YouTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here