Wednesday, 8 May 2024
HomeKota BogorKeistimewaan STAI Al Hidayah Bogor di Mata Alumni Prodi PAI

Keistimewaan STAI Al Hidayah Bogor di Mata Alumni Prodi PAI

Bogordaily.net – Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah Bogor adalah perguruan tinggi keagamaan Islam swasta yang sejak awal berdiri mengusung keistimewaan sendiri.

STAI Al Hidayah memiliki komitmen kuat dalam merealisasikan nilai dan norma Islam dalam Tri Dharma perguruan tinggi baik pendidikan, penelitian, maupun pengabdian kepada masyarakat.

Keistimewaan STAI Al Hidayah Bogor di Mata Alumni Prodi PAI

Menurut Alumni Angkatan ke-2 STAI Al-Hidayah Bogor Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Suhandi, M.Pd.I mengatakan, hal mendasar sangat terasa ketika berada di Kampus STAI.

Karena, suasana budaya belajar kampus yang begitu islami. Terlebih Ia merupakan lulusan angkatan ke-2.

“Saya alumni tahun 2004, dan saya angkatan ke 2 dan mulai kuliah itu kan tahun 99, dan saya sekarang tugas di Ummul Quro dan Annizariyyah jadi sejak lulus 2004,” ujar Alumni Prodi PAi Suhandi.

Dan ia langsung mengajar. Dia dipercaya sebagai guru dan wakil kepala sekolah di SMP Ummul Quro

Baca Juga:  Azra Bakal Kembangkan Infrastruktur Kesehatan

Kemudian pada tahun 2015 sampai 2021, ia diamanahkan menjadi kepala sekolah di SMPIT Ummul Quro.

Dan mulai 2021 sampai sekarang ditugaskan sebagai kepala bagian pengembangan pembelajaran Al Qur’an di Ummul Quro, dan ditugaskan juga di Annizariyah.

Turut Mengaplikasikan Keilmuan dan Dapat Bermanfaat di Masyarakat

Kata dia, banyak lulusan Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Al Hidayah yang telah lulus sesuai dengan bidang keilmuan yang dipelajari.

Serta ada beberapa lulusan yang juga mengajar di sekolah negeri maupun swasta.

Dan menurutnya hal tersebut merupakan hasil yang didapat di kampus, yang kemudian dapat diimplementasikan dan dikembangkan di masyarakat.

“Saya merasa kampus Al Hidayah itu kampus perjuangan, kami mungkin dulu belajar dengan kondisi banyak keterbatasan juga. Tetapi pihak kampus seperti dosennya mempunyai latar belakang yang memadai. Pengalaman belajar di kampus bisa dipelajari di tempat kerja. Terlebih bidang yang kita geluti sejalur dan keilmuan yang diambil yakni Pendidikan Agama Islam” jelasnya.

Pesan Bagi Para Mahasiswa

Ia mengatakan, untuk para Mahasiswa STAI dapat memaksimalkan dari setiap prodi yang ada agar nantinya bisa berkiprah di masyarakat secara luas.

“Buat teman-teman adik angkatan terus belajar, dan tidak hanya fokus pada materi kuliah tetapi juga pelajari tentang jaringan dan akses dimana kita bisa mengembangkan ilmu. Karena sesungguhnya keberhasilan pendidikan itu bukan terletak pada ijazah yang kita pegang, tetapi dimana kita bisa mengamalkan ilmu tersebut,” ujar Suhandi.

Harapan Bagi Mahasiswa Lulusan STAI

Ia menambahkan, untuk para Mahasiswa tentunya diminta untuk terus mengasah keterampilan saat berada di kampus dengan mengikuti berbagai macam kegiatan, yang dapat mengembangkan karir mahasiswa.

“Saya berharap bahwa STAI Al Hidayah bisa terus berkembang, pertama peningkatan kapasitas dosen sangat berpengaruh, dan saya melihat sekarang dosennya mempunyai latar belakang yang mumpuni,” ujarnya.

“Yang kedua dapat bekerja sama dengan lembaga yang bisa diakses oleh para mahasiswa, sehingga selepas lulus mahasiswa bisa berkiprah bagi mayarakat untuk kepentingan umat dan bangsa,” sambungnya kepada Bogordaily.net.***

Albin Pandita

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here