Monday, 29 April 2024
HomeEkonomiKemenKopUKM Gelar Bazar UMKM, Tingkatkan Akses Promosi dan Belanja Produk Lokal

KemenKopUKM Gelar Bazar UMKM, Tingkatkan Akses Promosi dan Belanja Produk Lokal

Bogordaily.net–  menggelar bazar UMKM. Kegiatan tersebut digelar dalam rangka meningkatkan akses promosi, belanja, dan penggunaan produk UMKM pada momen bulan suci Ramadan 1444 H.

Kementerian Koperasi dan UKM () menyelenggarakan Bazar Produk UMKM bertajuk “Bertumbuh dan Meraih Berkah Bersama KUMKM” digelar di lobby dan halaman Kantor , Jakarta.

Deputi Bidang Usaha Mikro Yulius mengatakan, kegiatan yang diselenggarakan mulai 12 April sampai dengan 14 April 2023 tersebut diikuti oleh 67 UMKM.

Bazar Ramadhan ini diikuti 67 UMKM. Ada di lobby 20 UMKM dengan produk fesyen, craft/aksesoris, dan di lobby luar ada 5 UMKM dengan produk makanan siap saji/tajil.

KemenKopUKM Gelar Bazar UMKM
MenKopUKM Teten Masduki dalam Bazar Ramadhan di Kantor , Jakarta.(Humas /Bogordaily.net)

“Di halaman depan ada 42 UMKM dengan produk makanan, minuman termasuk sembako dan frozen food,” kata Deputi Bidang Usaha Mikro Yulius pada Peresmian Bazar Produk UMKM di Kantor , Jakarta, Rabu, 12 April 2023.

Yulius menjelaskan pelaksanaan Bazar Ramadan 1444 H ini merupakan kali pertama dilaksanakan semenjak pandemi.

Baca Juga: KemenKopUKM Percepat Penyaluran KUR Klaster Berbasis Rantai Pasok

Ia berharap kegiatan tersebut dapat mengangkat produk-produk unggulan UMKM dan mendukung pemulihan ekonomi UMKM serta berkontribusi bagi tercapainya Indonesia tahun 2045.

“Para pelaku UMKM diharapkan dapat berkontribusi bagi kemajuan Indonesia dengan menghasilkan karya dan produk-produk yang berkualitas dan berdaya saing,” ujarnya.

KemenKopUKM Gelar Bazar UMKM
MenKopUKM Teten Masduki dalam Bazar Ramadhan di Kantor KemenKopUKM, Jakarta.(Humas KemenKopUKM/Bogordaily.net)

Tak hanya itu, produk UMKM yang unggul dan berkualitas diharapkan dapat tersaji dalam kegiatan Bazar ini. Bazar juga diharapkan dapat menjadi satu media untuk mempromosikan produk-produk unggulan UMKM agar semakin dikenal secara luas oleh masyarakat sehingga akan membangkitkan rasa cinta dan bangga kepada produk-produk Indonesia.

Menurut Yulius, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendorong partisipasi Aparatur Sipil Negara (ASN) agar berbelanja produk KUMKM.

“Harapannya ke depan kegiatan-kegiatan seperti ini dapat terselenggara secara berkelanjutan melalui kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak terkait,” ujarnya.

Dalam pembukaan bazar juga dilaksanakan penyerahan simbolis santunan bagi anak Yatim dan kaum Duafa.

Bazar ini juga didukung oleh perusahaan BUMN dan swasta, dari BUMN mencakup PT Permodalan Nasional Madani (PNM), Perum Bulog, dan PT Pegadaian.

Tak hanya itu juga didukung oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), Indofood, GarudaFood, Wardah, Alfamart, dan lain-lain.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here