Sunday, 6 October 2024
HomeTravellingLibur Idul Fitri, Masjid Atta'Awun Puncak Jadi Destinasi Wisata Religi

Libur Idul Fitri, Masjid Atta’Awun Puncak Jadi Destinasi Wisata Religi

Bogordaily.net – Libur panjang Idul Fitri sudah tiba. Masjid Atta’Awun Puncak menjadi salah satu destinasi wisata religi untuk masyarakat beribadah sekaligus tempat singgah.

Tempat ibadah ini bisa menampung hingga 1.000 orang jamaah. Ruangan masjid terdiri dari dua lantai yakni lantai bawah yang utama serta lantai atas.

Lokasi Masjid Atta’Awun sendiri berada di Jalan Puncak No. 90, Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.  Jaraknya lumayan memakan apabila ditempuh dari pusat Kota Bogor.

Namun, dengan suasana yang sejuk dan berbagai fasilitas pendukung, Masjid Atta’Awun selalu menjadi incaran spot tempat persinggahan para wisatawan setelah lama melakukan perjalanan.

Fungsi utamanya untuk menunaikan salat lima waktu. Juga tak menutup kemungkinan bagi para wisatawan berkunjung ke masjid ikonik di Puncak ini.

Letaknya yang berada di ketinggian merupakan salah satu daya tarik tersendiri tempat ibadah tersebut. Kemudian, hamparan panorama kebun teh yang khas di Puncak kian menambah kesegaran udara di sini.

Masjid Atta'Awun Puncak Kabupaten Bogor.
Suasana Masjid Atta’Awun Puncak Kabupaten Bogor. (Mutia/Bogordaily.net)

Sebelum tiba di area dalam masjid, para wisatawan perlu mencopot alas kaki terlebih dahulu dan menaiki beberapa anak tangga.

Berikutnya, para wisatawan akan disambut oleh kolam kecil semata kaki sebelum yang menjadikan ciri khas Masjid Atta’Awun. Kaki akan terbasuh dengan air dingin yang bersih di kolam kecil itu.

Lalu, di bagian belakang tempat ibadah tersebut terdapat sebuah sungai kecil buatan dengan air terjun mini jernih yang memberikan ketenangan untuk mata.

Ditambah taman yang dikelola dengan rapi dan baik sehingga memberikan kesan bagaikan di surga. Sesekali kabut tipis juga muncul menyelimuti pesona Masjid Atta’Awun.

Di samping itu, wisata religi Masjid Atta’Awun terbuka untuk umum selama 24 jam. Para wisatawan hanya cukup membayar parkir sesuai dengan tarif yang ditentukan.(Mutia Dheza Cantika) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here