Friday, 3 May 2024
HomeBeritaMasjidil Haram Diserang Jangkrik Hitam, Pertanda Apa?

Masjidil Haram Diserang Jangkrik Hitam, Pertanda Apa?

Bogordaily.net diserang jangkrik hitam di media sosial. Fenomena yang pernah terjadi tahun 2019 lalu itu kini kembali menyedot perhatian. Pertanda apa diserang jangkrik?

Dalam video yang beredar tampak jamaah memadati . Terlihat pula jangkrik-jangkrik yang mengeluarkan suara khasnya bergerak bebas. Tak hanya itu, jangkrik itu pun mengenai kaki para jamaah hingga terganggu.

“MasyaAllah, tanda apa ini? tanda apa? Di Mekkah,” kata si perekam video.

Berbagai akun media sosial pun mengunggah video diserang jangkrik. Salah satunya diunggah oleh Instagram @jktnewss.

Warganet pun ramai-ramai memberikan komentar terkait video diserang jangkrik. Di antara warganet ada yang membenarkan peristiwa itu terjadi baru-baru ini. Hanya saja, jangkrik yang dilihatnya tak sebanyak dalam video. Namun ada juga yang mempertanyakan terkait waktu peristiwa terjadi.

Baca Juga: Masjidil Haram Diserang Jangkrik Hitam, Jemaah Kewalahan

“Benar adanya, karna alfaqier baru saja bertolak dr kota Makkah,. Dan smlam sholat d baru ada bbrp, belum sebanyak d video….,” tulis akun @majelis_roudhotussholihin.

“itu memang sering terjadi biasanya peralihan musim, atau semua itu kuasa dr Alloh taala,. Mngkin buat org indo sesuatu yg aneh, tp bagi warga Makkah itu hal biasa terjadi,” sambungnya.

“Lg musimnya mrk berkembang biak keknya. Thn 2019 wkt sy umrah jg banyak serangga jangkrik di mekkah. Petugas kebersihan sampe kewalahan,” kata akun @nusa_pertiwi.

“Encing sya baru bnget kmren pulang dri umroh,tpi gak dpt kejadian ini ya.. apa ini video lama atw video skrg ya. Mohon pencerahannya,” tanya @erenrindoni.

Penyebab Jangkrik Muncul di

Sementara itu fenomena serangan jangkrik di memang pernah terjadi pada tahun 2019 atau sekitar empat tahun lalu.

Kemudian sejumlah ahli memberikan perkiraannya terkait penyebab munculnya serangga-serangga tersebut. Melansir Surya.co.id, dari The Nation, terdapat beberapa penyebab kemunculan serangga tersebut.

Pertama, ada bisnis budidaya jangkrik di Semenanjung Arab. Dr Jacky Judas, manajer dan penasihat ilmiah keanekaragaman hayati terestrial di WWF dan Emirates Nature, mengatakan, pada 2019 tersebut merupakan peristiwa pertama yang terjadi.

“Ini adalah pertama kalinya bagi saya untuk melihat spesies ini dalam jumlah besar. Saya tidak terkejut bahwa orang mengatakan hal yang sama,” kata Dr Jacky Judas.

“Aku belum pernah melihat spesies ini dalam jumlah besar ini,” imbuhnya.

Jacky mengatakan, kemunculan serangga-serangga itu bisa saja disebabkan karena adanya bisnis di Semenanjung Arab.

Beberapa bisnis dalam membudidayakan jangkrik untuk memberi makan burung. Serangga tersebut bisa saja melarikan diri dan menyebar ke Kota Mekkah.  Ia juga bertugas untuk mengidentifikasi satu di antara spesies serangga yang ada.

Penyebab kedua, penangkaran besar diduga rusak sehingga serangga itu menyebar dalam Jumlah Besar

Dr Jacky Judas menyebut adanya insiden sebuah kecelakaan yang menimpa satu penangkaran khusus serangga.

“Ini bisa menjadi insiden di mana satu penangkaran telah melarikan diri dan menyebar dalam jumlah besar,” katanya.

“Jika tidak mungkin ada kondisi khusus yang mendukung pengembangan dan pemuliaan mereka,” sambungnya.

Namun ia juga tidak mengetahui apa yang akan terjadi.

Penyebab ketiga diduga lantaran gelombang panas. Kawanan serangga yang menyerbu Masjidil Haram terdiri dari banyak kelompok.

Ahli dari Emirates Nature menduga gelombang panas hebat terjadi di sekitar Kota Mekkah. Sebab fenomena yang sama juga sempat terjadi di dua negara lain yang memiliki gelombang panas yang hebat.

Dugaan lain juga disebutkan oleh media National Geographic via The Sun. Menurut National Geographic, serangga berwarna gelap itu memiliki fase tumbuh hingga panjang tiga inci.

Terlebih setelah memasuki fase perilaku, fase berkelompok, dan berteman dengan serangga lain, ketika kondisi lingkungan menghasilkan banyak tanaman hijau.

Hal itu memicu adanya fase perkembangbiakan, yang akhirnya dapat menyebabkan mereka berkumpul dalam kawanan.

Sebelumnya diberitakan situasi mengejutkan dan menghebohkan terjadi di Masjidil Haram. Ribuan jangkrik tiba-tiba muncul dan membuat para jamaah yang sedang beribadah merasa kewalahan. Beberapa di antara mereka terlihat panik dan khawatir akan terganggu dalam melaksanakan ibadah mereka.***

Copy Editor: Riyaldi

Simak Video Lainnya dan Kunjungi youTube BogordailyTV

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here