Friday, 3 May 2024
HomeHiburanMudah dan Praktis, Begini 5 Cara Cek Kecepatan Internet

Mudah dan Praktis, Begini 5 Cara Cek Kecepatan Internet

Bogordaily.net – Bagaimana cara cek ? Jaringan internet yang cepat dan stabil sangat penting guna mendukung produktivitas. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui yang kita miliki.

Ada beberapa langkah dan cara dari Indihome untuk mengetahui yang Kamu gunakan :

Cara Mudah Cek

Dengan mengetahui berapa yang digunakan, itu artinya Kamu dapat mengukur berapa kapasitas maksimal dari jaringan tersebut.

Nantinya Kamu juga akan mengetahui nilai rata-rata setiap kecepatan untuk mengunduh dan mengunggah file.

Nah, nilai rata-rata yang tercantum dalam data dikenal dengan istilah bandwidth. Dengan kata lain, bandwidth dapat menjadi acuan seberapa cepat atau lambat koneksi internet yang Kamu gunakan.

Melalui nilai bandwidth juga, Kamu dapat mengukur aktivitas digital apa yang bisa Kamu lakukan di jaringan internet tersebut.

Misalnya, jika sekitar 2 Mbps, jangan harap Kamu bisa nyaman bermain game, mengunduh file, dan melakukan aktivitas digital berat lainnya.

Aplikasi Pengecek

Agar Kamu dapat memastikan bandwidth yang Kamu dapatkan, berikut cara cek yang praktis tanpa perlu instal aplikasi tambahan:

1. Speed Smart

Cara pertama yaitu dengan mengunjungi situs Speed Smart. Kamu hanya perlu klik Start Speedtest dan tunggu sekitar 40 detik hingga layar menampilkan laporan .

Situs gratis ini juga akan menampilkan informasi download speed, provider, uploaded speed, IP, server dan PING. Selain versi website, Speed Smart juga tersedia dalam bentuk aplikasi.

PING sendiri merupakan waktu respon dari koneksi internet saat mengirim permintaan. Ia diukur berdasarkan satuan milidetik.

Bila nilai PING rendah, artinya koneksi internet sangat baik. Sebaliknya, jika nilai PING tinggi maka menunjukkan koneksi internet yang lambat.

2. Meter.net

Sama seperti situs speed test lainnya, meter.net juga dapat memberikan informasi tentang kecepatan internet.

Proses pengecekan kecepatan berlangsung selama 30 detik pasca Kamu meng-klik START. Setelah selesai, layar akan menampilkan kecepatan internet, PING, upload speed, dan download speed.

3. Bandwidth Place

Selanjutnya ada situs untuk cek kecepatan internet ini dikembangkan oleh provider internet asal Houston, Texas pada tahun 2002.

Bandwidth Place menampilkan informasi tentang download speed, upload speed, PING, dan jenis provider.

Untuk menggunakannya, cukup klik START dan tunggu beberapa saat hingga laporan kecepatan ditampilkan di layar.

4. Speedtest.net

Kemudian, Speedtest.net dikembangkan oleh Ookla, perusahaan teknologi asal Montana, Amerika Serikat di tahun 2006.

Situs ini dapat mengukur kecepatan internet di berbagai perangkat. Kamu juga dapat mengunduhnya dalam versi aplikasi.

Cara cek kecepatan internet menggunakan speedtest.net juga sama mudahnya. Tinggal klik atau ketuk GO di layar dan tunggu beberapa detik hingga hasil kecepatan internet muncul.

5. Fast.com

Terakhir ada, situs cek kecepatan internet yang diluncurkan oleh Netflix. Fast.com juga dapat diakses secara gratis oleh berbagai perangkat seperti desktop, tablet, smartphone, dan Smart TV.

Sistem ini secara otomatis akan mengukur berapa kecepatan jaringan internet yang Kamu gunakan.

Tinggal tunggu beberapa saat hingga angka kecepatan tertera di layar. Kamu juga akan mendapat informasi lain seperti upload speed, server, client, serta unloaded dan loaded latency.

Tambah Kecepatan Internet dengan Add-On Upgrade Speed dari IndiHome

Jadikan aktivitas digitalmu semakin seru dan lancar dengan tambah kecepatan internet melalui add-on Upgrade Speed dari IndiHome.

Add-on ini menawarkan penambahan kecepatan internet secara permanen yang anti ribet dengan pilihan kecepatan yang beragam.

Mulai dari 20 Mbps, 30 Mbps, 40 Mbps, 50 Mbps, hingga 100 Mbps yang bisa Kamu pilih sesuai kebutuhan.

Baca juga : Telkom Segera Integrasikan IndiHome ke Telkomsel

Nah, layanan Upgrade Speed ini akan langsung aktif dengan biaya tagihan per bulan. Cara berlangganannya juga mudah, Kamu hanya perlu mengikuti langkah berikut ini:

  • Kunjungi website IndiHome
  • Klik tab Produk, lalu pilih Add-On
  • Pilih Upgrade Speed, lalu klik Berlangganan
  • Masukkan email atau nomor handphone yang terdaftar pada akun myIndiHome, klik
  • Login
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone Kamu
  • Masukkan password yang terdaftar pada email yang digunakan pada akun myIndiHome, klik Login
  • Pada halaman Upgrade Speed, pilih kecepatan internet yang Kamu inginkan
  • Pada kolom di sebelah kanan, pilih nomor layanan IndiHome Kamu, lalu cek rincian tagihan. Kemudian, ceklis konfirmasi Syarat & Ketentuan dan klik Lanjutkan
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan melalui SMS ke nomor handphone Kamu
  • Upgrade Speed berhasil diaktifkan

Mudah kan untuk bikin jaringan internet Kamu makin ngebut dengan layanan add-on Upgrade Speed dari IndiHome? Yuk, tambah kecepatan internet Kamu sekarang juga!***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here