Friday, 3 May 2024
HomeBeritaMunifah Syanwani: Anggaran Pondok Pesantren Harus Sama dengan Anggaran Pendidikan Lainnya

Munifah Syanwani: Anggaran Pondok Pesantren Harus Sama dengan Anggaran Pendidikan Lainnya

Bogordaily.net – Forum Pondok Pesantren Nasional terus berupaya agar anggaran untuk Pondok Pesantren dapat bertambah. Saat ini berada di kisaran Rp600 miliar saja secara nasional dan diupayakan menjadi mencapai angka triliunan. Hal itu diungkapkan Pimpinan Forum Pondok Pesantren Nasional Dr. Hj. , M.Si.

Ia menyebut untuk anggaran saat ini di pendidikan pesantren hanya dikisaran Rp600 miliar dari total anggaran Rp3.000 triliun APBN dan sebesar 20 persennya untuk sektor pendidikan.

“Anggaran pemerintah itu kan khususnya di tahun 2023 ini cukup besar. Yaitu di kisaran Rp3.000 triliun dan 20 persennya untuk pendidikan. Seharusnya jika anggaplah yang dibiayai itu dari 20 persen itu ada 20 sektor pendidikan yang salah satunya masuk pondok pesantren, maka itu rata rata bisa mencapai Rp30 triliun untuk pondok pesantren saja secara nasional,” kata Munifah, Sabtu 29 April 2023.

Pimpinan Forum Pondok Pesantren Nasional Munifah Syanwani
Pimpinan Forum Pondok Pesantren Nasional . (Foto: Istimewa/Bogordaily.net)

Menurutnya, untuk saat ini jika hanya berada di kisaran Rp600 miliar saja secara nasional untuk lebih dari 40 ribu pesantren yang tersebar di Indonesia

“Maka pastinya setiap Pondok Pesantren hanya mendapatkan Rp12 juta saja pertahunnya, itupun kalau dapat,” imbuhnya.

Ia mengatakan, saat ini Forum Pondok Pesantren Nasional tengah berkomunikasi dengan berbagai pihak, agar anggaran tersebut dapat bertambah.

Nantinya anggaran tersebut dapat sama rata dengan berbagai pendidikan lainya seperti SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi serta pendidikan formal lainnya.

“Kita berupaya membangun komunikasi forum pondok pesantren secara nasional, untuk mengangkat marwah Pondok Pesantren yang sama dengan pendidikan negara, seperti SMP, SMA dan Perguruan tinggi yang setiap tahun mempunyai anggaran yang memang sudah diplot 20 persen itu,” ujar Munifah.

Sebelumnya, malaksanakan kegiatan silaturahmi forum pondok pesantren Kota Bogor.

Ia mengatakan, kegiatan tersebut untuk dapat mengangkat marwah pondok pesantren baik secara lokal maupun nasional.

“Kegiatan silaturrahmi ini bertujuan untuk mengangkat marwah dan memperjuangkan pondok pesantren yang merupakan lembaga pendidikan sebagai garda terdepan dalam pembangunan akhlak umat Islam baik secara formal maupun informal, sehingga dapat menghantarkan negeri ini menjadi baldatun toyyibatun warobbun gofur,” kata .

Ia berharap adanya kegiatan forum silaturahmi pondok pesantren ini dapat meningkatkan tali silaturahmi antar pimpinan pondok pesantren, sehingga dapat melahirkan para santri yang baik dunia maupun akhirat.

“Jadi anak-anak yang dilahirkan dari pondok pesantren ini tidak hanya mampu dalam agama dan urusan akhirat saja, tetapi dunia baik dan akhirat juga apalagi. Ini harapan kita dari adanya kegiatan forum silaturahmi Idul Fitri pondok pesantren,” ungkapnya.(Albin Pandita) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here